Beranda Advertorial Dory Ikan Laut Dingin Australia, Jadi Hidangan Lezat Berbuka Puasa di Excelso...

Dory Ikan Laut Dingin Australia, Jadi Hidangan Lezat Berbuka Puasa di Excelso Tiban

798
0
BERBAGI
Menu Ikan Dory di Excelso Tiban - Batam
Menu Ikan Dory di Excelso Tiban - Batam | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, ADVERTORIAL – Sebelum mengenal lebih jauh hidangan lejat dan bergizi, berasal dari sajian yang belum banyak diketahui orang. Kita akan membahas sedikit tentang apa itu Dory atau Ikan Dory.

Ikan Dory adalah sejenis ikan yang berasal dari perairan dingin yang ada di Australia, Dory yang memiliki daging berserat halus dan lembu, sangat cocok untuk menjadi hidangan istimewah.

Ikan Dory atau nama lainnya adalah John Dory sangat terkenal di Australia, Bentuknya yang pipih hampir menyerupai ikan sebelah yang banyak ditemukan diperairan Indonesia.

Droy memiliki kulit cokelat dengan mata lebar dan titik hitam di sisi badanya yang hampir mirip dengan sirip ikan kuwe.

Daging ikan ini putih bersih dan sangat halus dan gurih. Karena itu lebih sering dijual dalam bentuk fillet. Rasanya yang enak khas menjadikan ikan ini dapat disajikan dalam bentuk apapun.

Penyajian ikan Dory dapat dilakukan dengan hanya mengoreng atau dikukus, atau diberi sedikit bumbu tajam, Dory si ikat air dingin dapat dinikmati.

Jika kita melihat kesamaan ikan Dory dengan Patin hampir mirip, karena memiliki daging putih, namun ini serupa tapi tak sama, oleh sebab ketika mencari ikan ini kita harus lebih teliti. Terkadang sulit membedakan daging ikan Dory dan Patin dalam bentuk Fillet.

Serupa Tapi Tak Sama, Begini Cara Bedakan Ikan Dory dan Patin

Belum lama ini beredar kabar penemuan daging patin impor asal Vietnam yang mengandung bahan kimia berbahaya oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPMKHP KKP).

Hal ini sontak menimbulkan kekhawatiran masyarakat, terlebih lagi pada mereka yang menggemari sajian asal Inggris, fish n chips.

Sejatinya, fish n chips memiliki bahan utama yakni ikan john dory yang jika dijual mencapai Rp 234 ribu/kgnya. Namun rupanya, ada ikan lain yang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan john dory, yakni patin.

Kemiripan ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kuliner untuk menghadirkan menu fish n chips dengan harga murah. Rasanya yang hampir serupa serta teksturnya yang sama-sama lembut diduga menjadi alasan kenapa ikan patin digunakan sebagai bahan utama pembuatan fish n chips.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here