Beranda Lifestyle Hati-Hati Kolesterol Tinggi, Dapat Mengakibatkan Berbagai Penyakit

Hati-Hati Kolesterol Tinggi, Dapat Mengakibatkan Berbagai Penyakit

119
0
BERBAGI
Hati-Hati Kolesterol Tinggi, Dapat Mengakibatkan Berbagai Penyakit
Hati-Hati Kolesterol Tinggi, Dapat Mengakibatkan Berbagai Penyakit | Photo : Ilustrasi/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Kolesterol memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, kolesterol tinggi itu diakibatkan terlalu banyaknya lemak di dalam darah, hal ini bisa mengakibatkan penyumbatan dan menyulitkan darah untuk melakukan perjalanan ke seluruh tubuh kita.

Kolesterol baiknya dicegah sejak dini sebelum terjadi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak yang dapat mengakibatkan tingginya lemak dalam darah.

Kolesterol tinggi berarti ada terlalu banyak lemak di dalam darah. Jika dibiarkan, lemak dapat mengendap pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah.

Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya sejumlah penyakit, termasuk hipertensi dan penyakit jantung.

Agar terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi, Anda perlu menjaga kadar kolesterol tetap normal. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia yang dibiarkan dapat membuat pembuluh darah Anda menyempit dan mengeras (aterosklerosis). Kondisi inilah yang akan membuat Anda rentan mengalami berbagai penyakit tersebut.

Waspadai Berbagai Penyakit akibat Kolesterol Tinggi – Alodokter

Beragam Penyakit akibat Kolesterol Tinggi

Berikut adalah beberapa penyakit yang terjadi akibat kolesterol tinggi:

1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) terjadi saat tekanan dalam pembuluh darah melebihi normal. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan kolesterol yang membuat pembuluh darah menyempit, sehingga jantung perlu bekerja lebih keras dan memberikan tekanan ekstra untuk memompa darah. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kinerja jantung pun akan ikut terpengaruh.

2. Penyakit jantung koroner

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak atau plak pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di jantung (pembuluh darah koroner). Hal ini dapat membuat aliran darah ke jantung menjadi berkurang dan terjadi penyakit jantung koroner. Jika tidak segera ditangani, dapat terjadi serangan jantung.

3. Stroke

Tidak hanya pada pembuluh darah jantung, lemak juga dapat menumpuk pada pembuluh darah otak. Jika aliran darah ke otak tersumbat, organ ini akan kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga terjadilah stroke.

4. Penyakit arteri perifer

Penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol tinggi juga dapat terjadi pada pembuluh darah kecil. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit arteri perifer. Pembuluh darah yang sering terkena penyakit arteri perifer adalah pembuluh darah di tungkai dan kaki. Bahkan pada beberapa kasus, penyumbatan juga terjadi di pembuluh darah di ginjal.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here