Beranda Lifestyle Gaya Hidup dan Pola Makanan, Dapat Menurunkan Kolesterol Dengan Baik

Gaya Hidup dan Pola Makanan, Dapat Menurunkan Kolesterol Dengan Baik

92
0
BERBAGI
Gaya Hidup dan Pola Makanan, Dapat Menurunkan Kolesterol Dengan Baik
Gaya Hidup dan Pola Makanan, Dapat Menurunkan Kolesterol Dengan Baik | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Kolesterol ataupun lemak dalam darah dapat mengakibatkan penyakit akut dan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu baiknya hindari makanan yang berpotensi kolesterol, dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tidak mengakibatkan lemak jahat dalam darah.

Ada beragam cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Cara ini dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol dengan baik.

Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL). Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

Cara Menurunkan Kolesterol

Selain mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter, ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here