Inflasi AS mencapai level tertinggi baru dalam 40 tahun, Mei sebesar 8,6 persen

    859
    0
    Inflasi Amerika Serikat

    DETIKEPRI.COM, EKBIS – Presiden Joe Biden akan berbicara tentang inflasi dan upaya pemerintahannya untuk menurunkan harga pada hari Jumat di Los Angeles.

    Biaya bensin, makanan, dan kebutuhan lainnya melonjak pada Mei, meningkatkan inflasi di Amerika Serikat ke level tertinggi baru empat dekade dan memberikan rumah tangga Amerika tidak ada kelonggaran dari kenaikan biaya.

    Harga konsumen melonjak 8,6 persen bulan lalu dari 12 bulan sebelumnya, lebih cepat dari lonjakan tahun-ke-tahun April sebesar 8,3 persen, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Jumat.

    Pada basis bulan ke bulan, harga melonjak 1 persen dari April hingga Mei, kenaikan tajam dari kenaikan 0,3 persen dari Maret hingga April. Harga bensin yang jauh lebih tinggi menjadi penyebab sebagian besar kenaikan itu.

    Inflasi yang merajalela di AS telah memberikan tekanan berat pada keluarga, memaksa mereka untuk membayar lebih banyak untuk makanan, bensin dan sewa dan mengurangi kemampuan mereka untuk membeli barang-barang pilihan, dari potong rambut hingga elektronik. Berpenghasilan lebih rendah dan orang Amerika Hitam dan Hispanik, khususnya, sedang berjuang karena, rata-rata, sebagian besar pendapatan mereka dikonsumsi untuk kebutuhan.

    BACA JUGA :  Ketua KPK Sebut Pentingnya Berantas Korupsi Sektor Swasta Serta Perbaiki Sistem Politik dan Pilkada

    Presiden AS Joe Biden dijadwalkan untuk membahas kenaikan harga pada hari Jumat saat berbicara di Pelabuhan Los Angeles, yang tersibuk di AS. Selama lebih dari setahun, puluhan kapal telah berbaris di luar, karena COVID membatasi kapasitas untuk membongkar kapal, mengganggu rantai pasokan.

    Para ekonom memperkirakan inflasi akan mereda tahun ini, meskipun tidak terlalu banyak. Beberapa analis memperkirakan bahwa pengukur inflasi yang dilaporkan pemerintah pada hari Jumat – indeks harga konsumen – mungkin turun di bawah 7 persen pada akhir tahun. Pada bulan Maret, IHK tahun-ke-tahun mencapai 8,5 persen, tingkat tertinggi sejak 1982.

    BACA JUGA :  Kadis Kominfo Kepri Hadiri UKW Dewan Pers di Batam

    Inflasi yang tinggi juga telah memaksa Federal Reserve ke dalam apa yang kemungkinan akan menjadi rangkaian kenaikan suku bunga tercepat dalam tiga dekade.

    Dengan menaikkan biaya pinjaman secara agresif, The Fed berharap untuk mendinginkan pengeluaran dan pertumbuhan yang cukup untuk mengekang inflasi tanpa membawa ekonomi ke dalam resesi. Bagi bank sentral, ini akan menjadi tindakan penyeimbangan yang sulit.

    Survei menunjukkan bahwa orang Amerika melihat inflasi tinggi sebagai masalah utama negara, dan paling tidak setuju dengan penanganan ekonomi Biden. Kongres Partai Republik memalu Demokrat pada masalah ini menjelang pemilihan paruh waktu akhir tahun ini.

    Inflasi tetap tinggi bahkan ketika sumber kenaikan harga telah bergeser. Awalnya, permintaan yang kuat untuk barang-barang dari orang Amerika yang terjebak di rumah selama berbulan-bulan setelah COVID melanda menyebabkan kekurangan dan gangguan rantai pasokan dan menaikkan harga mobil, furnitur, dan peralatan.

    BACA JUGA :  Polsek Bintan Timur Bagikan Masker dan Kampanyekan Jaga Jarak, Dalam Rangka Ops Yustisi dan Pilkada Serentak 2020, Aman, Damai dan Sehat

    Sekarang, ketika orang Amerika melanjutkan pengeluaran untuk layanan, termasuk perjalanan, hiburan, dan makan di luar, biaya tiket pesawat, kamar hotel, dan makan di restoran telah melonjak.

    Invasi Rusia ke Ukraina semakin mempercepat harga minyak dan gas alam. Dan dengan China melonggarkan penguncian ketat COVID di Shanghai dan di tempat lain, lebih banyak warganya mengemudi, sehingga membuat harga minyak naik lebih jauh.

    Harga barang diperkirakan akan turun dalam beberapa bulan mendatang. Banyak pengecer besar, termasuk Target, Walmart dan Macy’s, telah melaporkan bahwa mereka sekarang terjebak dengan terlalu banyak furnitur teras, elektronik, dan barang-barang lain yang mereka pesan ketika barang-barang itu dalam permintaan yang lebih berat dan harus mendiskonnya.