Beranda Daerah Kadis dan Kabid Terjaring OTT KPK Bersama Gubernur Kepri

Kadis dan Kabid Terjaring OTT KPK Bersama Gubernur Kepri

610
0
BERBAGI
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat melakukan kunjungan disalah satu tempat reklamasi pantai | Photo : Ist/Net/Tanjungpinangpos.id

DETIKEPRI.COM, KEPRI – Kepala Dinas Keluatan dan Kepala Bidang Pemrov Kepri ikut terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada Rabu (10/7/2019) di Tanjungpinang. OTT KPK terkait suap izin reklamasi pantai.

KPK mengamankan 6 orang dan salah satu diantaranya adalah Gubernur Kepri Nurdin Basirun beserta pengusaha, Izin reklamasi yang dilakukan oleh salah satu perusahaan di Tanjungpinang.

Melalui penindakan lapangan berbentuk Operasi Tangkap Tangan (OTT), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga turut mengamankan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun bersama 5 (lima) orang lainnya, dan sekarang masih diperiksa secara intensif di Mapolres Tanjung Pinang, Rabu (10/7/2019) malam.

“Kami periksa dan klarifikasi (semua) di Polres (Tanjung Pinang),” sebut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, di Gedung KPK. Dilansir dari RRI

Rencananya, semua pihak yang diamankan, atau melihat siapa saja yang memang terlibat, akan diterbangkan ke Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.

Selain memeriksa Gubernur Kepri, KPK juga mengamankan sekaligus memeriksa Kepala Dinas (Kadis) Bidang Kelautan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, Kepala Bidang (Kabid) Pemprov, serta pihak swasta, yang diduga sebagai pemberi suap untuk perizinan lokasi reklamasi.

“Sampai malam tadi, total enam orang yang kami bawa ke polres setempat dan melaksanakan pemeriksaan awal. Enam orang itu ada dari unsur Kepala Daerah, Kepala Dinas bidang Kelautan, Kepala Bidang, PNS, serta pihak swasta,” sambung Febri.

Sementara itu, mengenai penemuan uang SGD 6.000, KPK menyatakan bakal mengidentifikasi serta mendalaminya melalui proses pemeriksaan. Namun satu yang diduga kuat, uang tersebut bukanlah penerimaan/pemberian yang pertama.

Dan sesuai dengan hukum acara, KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum semua pihak yang diamankan dalam OTT Kepri.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here