Beranda Berita Daerah Amsakar Achmad : Nabi Ibrahim dan Ismail Patut jadi Tauladan

Amsakar Achmad : Nabi Ibrahim dan Ismail Patut jadi Tauladan

455
0
Wakil Walikota Batam

DETIKEPRI.COM, BATAMHari Raya Idul Adha yang jatuh pada Ahad, 10 Dzulhijjah 1443 H atau Minggu, 10 Juli 2022 merupakan hari raya Haji atau hari Raya Qurban. Yang merupakan hari besar bagi umat islam.

Hari raya qurban di tandai dengan sholat sunnat idul adha dan pemotongan qurban seperti sapi dan juga kambing jika tidak melaksanakan haji.

Seperti hal yang dilakukan Wakil Walikota BAtam, Amsakar Achmad yang menggelar Sholat Idul Adha 1443 H di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang berlokasi di bilangan Sagulung pada Minggu (10/7/2022).

Gema takbir terus berkumandangan dengan mengiringi kegiatan-kegiatan keagamaan yang digelar di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Dalam kegiatan ini Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad memberikan sambutannya dan beliau juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah kepada seluruh umat islam di Kota Batam.

BACA JUGA :  Predator Anak di Bawah Umur, Berhasil diamankan Satreskrim Polresta Barelang

“Saya atas nama pribadi dan keluarga dan atas nama seluruh jajaran Pemerintah Kota Batam, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Wawako Amsakar Achmad. dilansir dari transkepri.com

Amsakar juga mengajak para jamaah untuk mengambil pelajaran dan tauladan dari Semangat Hari Raya Kurban Idul Adha.

Sebagaimana kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail yang diberikan ujian oleh Allah SWT, namun berkat keikhlasan dan kesabaran itu adalah bentuk perwujutan ketaqwaan seorang hamba terhadap tuhannya (Allah SWT) yang disebut dimensi vertikal.

BACA JUGA :  Hadirnya Macan Kerinci Menambah Warna Budaya di Batam

Namun, secara horizontal , ibadah qurban mendidikan kita menjadi orang yang berkasih sayang, saling berkorban untuk kemaslahatan kebahagian orang lain dengan harta yang kita cintai dan kita miliki, antara manusia dengan sesamanya.

“Mudah-Mudahan kita mampu meneladani keluarga Nabi Ibrahim, momen Iduladha ini saya harapkan terus tumbuh kembangkan sehinga dengan kebersamaan itu, insyaallah bisa membawa Batam lebih baik ke depan”, harapanya.

Pada kesempatan itu amsakar meminta seluruh masyarakat untuk sama-sama mendoakan seluruh jemaah haji Indonesia khususnya jemaah haji Kota Batam yang sedang berada di tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini dengan baik dan damai diberikan kesehatan, kekuatan dan kemampuan untuk melaksanakan rukun islam yang kelima.

BACA JUGA :  Aksi Solidaritas "BANGSA MELAYU BERSIKAP" Atas Kejadian Demo Dan Pemukulan Di Bandara Hang Nadim

“Mari kita semua mendoakan jemaah haji kita, dimana saat ini sedang melempar batu kerikil (jumrah), sehingga kembali ke tanah air dianugerahi haji mabrur”, ucapnya.

Amsakar juga mengingatkan untuk tetap diterapkan protokol kesehatan mulai dari penyerahan, penyembelihan dan pembagian hewan qurban terutama dalam mencegah terjadinya kerumunan massa untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dami menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

Usai melaksanakan salat Idul adha, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad beserta keluarga menyerahkan satu ekor sapi sebagai hewan kurban yang diterima langsung oleh Ketua Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Yusmasnur.

Setelah melakukan aktifitas di Masjid Sultan Riayat Syah Wakil Walikota Batam melanjutkan dengan menyaksikan penyembelihan hewan qurban di Masjid Nurul Ihsan Batam Kota.