Beranda Lifestyle Idul Adha Tiba, Daging Kurban Dibagikan, Berapa Lama Boleh Disimpan dalam Freezer

Idul Adha Tiba, Daging Kurban Dibagikan, Berapa Lama Boleh Disimpan dalam Freezer

126
0
BERBAGI
Idul Adha Tiba, Daging Kurban Dibagikan, Berapa Lama Boleh Disimpan dalam Freezer | Photo : Ilustrasi Daging Qurban

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Idul Adha telah tiba, di berbagai tempat di seluruh dunia melakukan kegiatan Sholat Aid dan juga pemotongan hewan kurban, Kurban memang wajib bagi umat islam, serta bagi yang mampu, tidak dipaksakan bagi yang tidak mampu.

Pemotongan hewan kurban terjadi dan berbagai cerita dibalik hewan kurban, setelah di sembelih daging akan dibagikan kepada masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu, dan dibagikan ke seluruh masyarakat lainnya.

Sebagian orang akan menyimpan daging tersebut untuk di olah dalam waktu tertentu, bahkan daging kurban disimpan dalam jarak waktu yang lama, lantas seberapa lama daging kurban boleh disimpan dalam freezer.

Terkadang, kita menerima jatah daging kurban dalam jumlah yang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Hal ini tentu akan membuat kita memilih untuk menyimpan daging kurban di dalam freezer. Hanya saja, seberapa lama sih daging kurban bisa disimpan di dalam lemari es?

Batasan waktu menyimpan daging kurban di dalam freezer

Menempatkan daging kurban di dalam freezer sebenarnya adalah cara yang tepat untuk membuatnya lebih awet dan tidak mudah membusuk.

Pakar kesehatan menyebut bahan makanan yang disimpan di dalam suhu -17 derajat Celcius cenderung mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama karena tidak akan mengalami pertumbuhan bakteri atau mengalami proses pembusukan.

Masalahnya adalah tidak semua lemari es memiliki suhu yang stabil. Jika sampai suhu di bagian freezer juga fluktuatif dan terkadang bahkan mencapai angka di atas 0 derajat, bisa jadi daging akan mengalami pertumbuhan bakteri yang membuat kualitas daging ini menurun.

Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat jamur berkembang pada daging kurban tersebut.

US Department of Agriculture menyebut daging yang disimpan di dalam freezer bisa bertahan hingga 4 bulan. Sementara itu, daging yang sudah dimasak bisa saja bertahan hingga 2-3 bulan dan daging cincang bisa bertahan hingga sekitar 3-4 bulan.

Hanya saja, jika daging merah hanya disimpan di dalam bagian kulkas, bisa jadi hanya akan bertahan 3 hingga 4 hari sehingga sebaiknya segera diolah menjadi masakan.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here