Beranda Daerah Hari Raya Idul Adha, Dua Daerah Diguncang Gempa 5.3 Magnitudo

Hari Raya Idul Adha, Dua Daerah Diguncang Gempa 5.3 Magnitudo

206
0
BERBAGI
Hari Raya Idul Adha, Dua Daerah Diguncang Gempa 5.3 Magnitudo | Photo : Ilustrasi Gempa

DETIKEPRI.COM, DAERAH – Di hari raya Idul Adha tahun 2019 merupakan lebaran haji dan hari raya qurban bagi umat islam, hampir diseluruh daerah merayakan takbiran dan juga terlihat kegembiraan dalam menyambut hari raya qurban.

Tidak semua tempat merasakan kebahagian, bahkan ada 2 daerah di wilayah barat yang harus merasakan kegelisahan akibat gempat yang menguncang daerah tersebut.

Pariaman diguncang gempa pada pukul 04,11 Wib dengan berkekuatan 5,3 Magnitudo menurut data dari Badan Meteorologi, Kalimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dilansir dari situs resmi BMKG.

Gempa yang menggunjang Pariaman tidak berpotensi Tsunami dan terjadi di Lintang -0.86 dan Bujur 99.33 serta kedalaman 28 Km.

BACA JUGA :  Hari Raya Idul Adha, IKLA Bintan Sembelih 5 Sapi dan 2 Kambing Kurban

Gempa bumi magnitudo (M) 5,3 mengguncang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya, Minggu (11/8/2019).

Sementara itu Tenggara Enggano – Bengkulu terjadi 2 kali guncangan gempa dan rata-rata berkekuatan 5.3 Magnitudo dan juga 5.2 Magnitudo

Gempa yang terjadi pada pukul 09.11 Wib yang barada tetap di Lintang -7,27 dan Bujur 102.82 dengan kedalaman 10 Km. Gempa sempat membuat panik warga sekitar Tenggara Enggano – Bengkulu.

BACA JUGA :  Hari Raya Idul Adha, IKLA Bintan Sembelih 5 Sapi dan 2 Kambing Kurban

Gempa susulan terjadi pada pukul 11:38 Wib yang berada tepat di Lintang -7.36 dan Bujur 102.76 dengan kedalaman 10 Km. Gempa ini juga tidak berpotensi tsunami.

Dalam kurun waktu yang tidak cukup lama sering terjadi guncangan gempa dibeberapa daerah terutama lintasan lempeng sebelah barat. Yang membentang dari Ujung Sumatera hingga ke dataran Jawa dan Bali.

Bahkan rumor tentang pulau Jawa bakal hilang akibat gempa dan terjangan tsunami di perkirakan tsunami yang menerjang Pulau Jawa cukup tinggi.

Bahkan BMKG sempat merilis tentang tsunami yang akan menerjang peisir selatan pulau Jawa hingga ke Bali. Tidak banyak yang mempercayai itu namun beberapa kejadi sudah menunjukan tanda-tanda terjadi tsunami tersebut.(Ptr)

BACA JUGA :  Hari Raya Idul Adha, IKLA Bintan Sembelih 5 Sapi dan 2 Kambing Kurban

BACA JUGA BERITA LAINNYA :

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here