Beranda Berita Internasional Intel, Nvidia Selidiki Teknologi yang diduga digunakan untuk melawan orang Uighur

Intel, Nvidia Selidiki Teknologi yang diduga digunakan untuk melawan orang Uighur

17846
0

DETIKEPRI.COM, TEKNOLOGI – Dua legislator AS mengirim surat kepada CEO Intel Corp dan Nvidia Corp menanyakan tentang penjualan chip komputer canggih yang diduga digunakan untuk melakukan pengawasan massal terhadap orang Uighur.

Senator Republik Amerika Serikat Marco Rubio dan Perwakilan Demokrat Jim McGovern pada hari Selasa mengirim surat kepada Intel Corp dan Nvidia Corp mencari informasi tentang penjualan chip komputer canggih yang diduga digunakan oleh China untuk melakukan pengawasan massal terhadap orang Uighur di wilayah terpencil Xinjiang di negara itu.

BACA JUGA :  Masalah Meltdown dan Spectre Bulan Ini Akan Segera Diselesaikan Intel

Rubio adalah ketua subkomite Senat Hubungan Luar Negeri yang mengawasi hak asasi manusia dan McGovern mengetuai Komisi Eksekutif-Kongres untuk Cina.

Surat-surat tersebut dikirim ke kepala eksekutif perusahaan, yang diminta untuk menjawab pertanyaan tentang ekspor mereka ke China.

Para eksekutif juga ditanyai apakah mereka tahu teknologi mereka akan digunakan untuk mendukung aktivitas pengawasan yang dilakukan oleh pasukan polisi China dan apakah mereka mengambil langkah untuk memastikan produk mereka tidak digunakan untuk pelanggaran hak asasi manusia atau membahayakan keamanan nasional AS.

BACA JUGA :  Apple Bakal Kembangkan Modem Sendiri, Agar Tak Terjadi Dual Sourching Dan Larangan Penjualan

Nvidia menolak berkomentar. Juru bicara Intel William Moss mengatakan perusahaan tidak mentolerir produknya yang digunakan untuk melanggar hak asasi manusia dan ketika perusahaan menyadari kekhawatiran seperti itu, ia akan menghentikan atau membatasi bisnis dengan pihak ketiga hingga yakin bahwa produknya tidak digunakan untuk melakukan pelanggaran tersebut.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda