Beranda Berita Internasional House Dems Perkenalkan artikel Pemakzulan Presiden Trump

House Dems Perkenalkan artikel Pemakzulan Presiden Trump

288
0
Menanggapi kerusuhan di Gedung Kongres Amerika Serikat pada hari Rabu, sebuah kelompok memegang spanduk besar yang mendesak agar Presiden Donald Trump dicopot dari jabatannya [Jacquelyn Martin / The Associated Press]

DETIKEPRI.COM, AS – Partai Demokrat DPR telah memperkenalkan sebuah artikel pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump karena menghasut para perusuh yang melanggar Capitol AS minggu lalu.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan bahwa jika Wakil Presiden Pence tidak patuh dalam meminta Amandemen ke-25 untuk menyingkirkan Trump, majelis tersebut akan melanjutkan pemakzulan.

Trump tetap dilarang dari semua akun media sosial utama setelah kerusuhan, yang menewaskan lima orang, termasuk seorang petugas Kepolisian Capitol.

Beberapa Partai Republik telah bergabung dengan Demokrat dalam menyerukan pengunduran diri atau pencopotan Trump, sementara petinggi partai mengatakan pemakzulan akan menabur perpecahan lebih lanjut.

FBI memperingatkan penegak hukum AS tentang protes bersenjata nasional setelah serangan terhadap Capitol AS

FBI telah mengirimkan buletin ke lembaga penegak hukum di seluruh Amerika Serikat yang memperingatkan potensi protes bersenjata lebih banyak di negara bagian AS dan di Washington mulai 16 Januari, menurut laporan media.

“Protes bersenjata sedang direncanakan di semua 50 gedung DPR negara bagian dari 16 Januari hingga setidaknya 20 Januari, dan di Capitol AS dari 17 Januari hingga 20 Januari,” kata buletin itu, seorang pejabat penegak hukum senior mengatakan kepada The Associated Press.

Peringatan itu didasarkan pada ancaman online setelah serangan mematikan pada Rabu di Kongres AS oleh pendukung pro-Trump yang menyerbu barikade polisi dan memaksa masuk ke gedung Capitol. Presiden terpilih Biden akan dilantik di US Capitol di Washington pada 20 Januari.