Beranda Ekonomi & Bisnis Inflasi naik 7% selama setahun terakhir, tertinggi sejak 1982

Inflasi naik 7% selama setahun terakhir, tertinggi sejak 1982

118
0

DETIKEPRI.COM, EKBIS – Inflasi melaju ke depan pada kecepatan 12-bulan tercepat dalam hampir 40 tahun selama Desember, menurut pengukur yang diawasi ketat Departemen Tenaga Kerja yang dirilis Rabu.

Indeks harga konsumen, metrik yang mengukur biaya di lusinan item, meningkat 7%, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja departemen. Pada basis bulanan, CPI naik 0,5%.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones telah memperkirakan indeks akan meningkat 7% pada basis tahunan dan 0,4% dari November.

Pergerakan tahunan tersebut merupakan peningkatan tercepat sejak Juni 1982.

Meskipun menguat, pasar saham berjangka naik setelah berita tersebut sementara imbal hasil obligasi pemerintah sebagian besar negatif.

“Laporan CPI Desember tentang kenaikan 7% selama 12 bulan terakhir akan mengejutkan bagi beberapa investor karena kami belum pernah melihat angka setinggi itu dalam hampir 30 tahun,” kata Brian Price, kepala manajemen investasi di Commonwealth Financial Network.

“Namun, cetakan ini sebagian besar diantisipasi oleh banyak orang, dan kita dapat melihat reaksi di pasar obligasi karena suku bunga jangka panjang menurun sejauh ini pagi ini.”

Tidak termasuk harga makanan dan energi, yang disebut CPI inti meningkat 5,5% dari tahun ke tahun dan 0,6% dari bulan sebelumnya. Itu dibandingkan dengan perkiraan 5,4% dan 0,5%. Untuk inflasi inti, itu adalah pertumbuhan tahunan terbesar sejak Februari 1991.