Beranda Daerah 200 Kardus Kotak Suara Basah Terkena Air Hujan, Ini Penjelasan KPU Cirebon

200 Kardus Kotak Suara Basah Terkena Air Hujan, Ini Penjelasan KPU Cirebon

200
0
BERBAGI
200 Kotak Suara basah terkena air hujan di gudang penyimpanan KPU Cirebon | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, CIREBON – Seyogyanya Kotak Suara pemilu haruslah aman dari kerusakan dan basah akibat air hujan terhimpit oleh benda yang berat, sebab rahasia suara yang ada di Kotak Suara harus dijaga hingga penghitungan suara usai.

Apa yang terjadi di Gudang penyimpanan Kotak Suara di Cirebon merupakan kecelakaan yang sudah lama di perkirakan bakal terjadi.

Sebab Kotak Suara Pemilu 2019 terbuat dari kardus, diakui kuat dan bisa menopang berat 4 orang dewasa Kardus Kota Suara digadang-gadang aman dan tidak bakalan hancur dari himpitan, namun Kardus yang terbuat dari bahan baku kertas tentulah tidak tahan air.

BACA JUGA :  KPU Anambas Gencar Lakukan Sosialisai Pemilu 2019

Kejadian basahnya ratusan Kardus Kotak Suara pemilu 2019 di Gudang penyimpanan KPU Cirebon merupakan hal yang patut di waspadai, dan menurut data yang kami terima pendistribusian kotak suara ke daerah pulau harus menggunakan pembukus pelastik untuk melindungi dari air laut.

Pemilu 2019 kali pertamanya menggunakan Kotak Suara terbuat dari kardus berbahan baku kertas, sejak dari kemerdekaan Republik Indonesia Kotak Suara berubah sesuai dengan kebutuhan dan jamannya.

BACA JUGA :  Golkar Dorong Keterwakilan Perempuan di DPR Sebesar 25 Persen

Namun semua kotak suara sebelumnya terubat dari bahan baku kaleng atau seng bahkan aluminium. Inilah kejadian kali pertama dalam sejarah pemilu Indonesia Kotak suara terbuat dari bahan baku Kardus atau kertas.

Dilansir dari tribunews.com Sekitar 200 kotak suara yang terbuat dari kardus di dalam gudang Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon, Jawa Barat rusak. Ratusan kotak suara berbahan kardus itu rusak akibat terkena air hujan. Sejumlah kotak yang berada di bagian paling bawah basah terendam air.

BACA JUGA :  Yusril Mengucap Syukur, Partainya Menjadi Peserta Pemilu Nomor 19
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here