Beranda Lifestyle Gula Darah Anda Naik?, Ini Tips dan 11 Cara Menurunkan Gula Darah

Gula Darah Anda Naik?, Ini Tips dan 11 Cara Menurunkan Gula Darah

460
0
Gula Darah Anda Naik?, Ini Tips dan 11 Cara Menurunkan Gula Darah | Photo : Shutterstock

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Gula darah naik diakiabatkan banyak kadar gula atau glukosa yang ada di dalam darah kita, jika dibiarkan akan mengakibatkan diabetes. Gula darah naik akibat dari konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula atau glukosa.

Apakah Anda memiliki gula darah tinggi? Kadar gula darah tinggi dapat memicu diabetes dan penyakit kronis lainnya, karena itu Anda harus menjaga tekanan gula darah tetap normal dengan makanan dan gaya hidup sehat. Ketahui cara menurunkan gula darah, tips hidup sehat, dll.

Berapa Tekanan Gula Darah Normal?

Gula darah adalah gula utama yang berada di darah kemudian diolah sebagai sumber energi untuk kebutuhan nutrisi tubuh dan sistem saraf. Gula darah atau glukosa dalam kadar normal menjadi bahan bakar untuk semua sel tubuh, namun dalam kadar tinggi dapat memicu berbagai penyakit kronis.

BACA JUGA :  Suka Makan Tauge? Nikmati Manfaat Kesehatannya Berikut Ini

Gula darah tinggi terjadi akibat tubuh tidak dapat memindahkan gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh dan tidak dapat mengelolanya menjadi energi. Gula darah dalam kadar lebih tinggi dari normal disebut prediabetes dan dalam kadar titik tertinggi adalah penyakit diabetes.

Lalu, berapa tekanan gula darah normal? Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:

  • Kadar gula darah normal setelah tidak makan atau puasa selama 8 jam adalah 100 mg/dL
  • Kadar gula darah normal sebelum makan adalah 70 hingga 80 mg / dL.
  • Kadar gula darah normal 2 jam setelah makan adalah 140 mg / dL 2 jam
BACA JUGA :  Pernah Alami Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Ini Cara Penyembuhannya

Sementara itu, The American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes untuk mengontrol diabetes dengan kadar gula darah 130 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 180 mg/dL setelah makan.

Cara Menurunkan Gula Darah

Kadar glukosa tinggi menyebabkan penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin atau tidak mampu menggunakan insulin dengan tepat sehingga glukosa menumpuk di darah dan gula yang seharusnya diolah menjadi sumber energi tidak dapat berfungsi.

BACA JUGA :  Anak Demam Tinggi, Sebaiknya Orang Tua Jangan Panik

Cara terbaik mengontrol gula darah adalah dengan mengatur asupan dan jenis makanan, serta olahraga secara teratur. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi cara menurunkan gula darah, yaitu:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here