Beranda Lifestyle Banyak Yang Tidak Mengetahui Manfaat Buah Ini, Yuk Cari Tau 12 Manfaat...

Banyak Yang Tidak Mengetahui Manfaat Buah Ini, Yuk Cari Tau 12 Manfaat Asam Jawa

365
0
Banyak Yang Tidak Mengetahui Manfaat Buah Ini, Yuk Cari Tau 12 Manfaat Asam Jawa | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Asam Jawa banyak yang mengenal buah yang satu ini, buah yang menghasilkan rasa asam yang cukup tinggi, hingga tidak banyak orang yang mampu mengkonsumsinya secara langsung. Namun dibalik asamnya ternyata buah ini banyak memiliki manfaat yang baik untuk keseahatan.

Asam jawa adalah buah yang memiliki rasa masam dan biasa digunakan sebagai campuran bumbu. Selain dikenal sebagai campuran bumbu, buah yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica ini juga digunakan sebagai campuran dalam membuat jamu tradisional. Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat asam jawa di bawah ini.

BACA JUGA :  Tanda-Tanda Tubuh Anda Tidak Bugar, Inilah Yang Harus Diketahui

Kandungan Asam Jawa

Sebelum menjelaskan mengenai khasiat asam jawa, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah kandungan di dalamnya. Asam jawa sendiri menyediakan energi (kalori) bersama dengan mineral penting seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, besi, natrium, dan seng.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B (niasin, riboflavin, tiamin, folat), vitamin A, dan K. Bahkan terdapat sejumlah senyawa organik yang membuatnya menjadi antioksidan kuat dan agen antiinflamasi.

Asam jawa menawarkan beberapa mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi. Dalam satu cangkir, asam jawa menyediakan:

  • Zat besi: 3,4 miligram atau 19 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan zat besi untuk memastikan Anda memiliki sel darah merah yang sehat.
  • Magnesium: 110 miligram atau 28 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan magnesium untuk pensinyalan sel dan sintesis protein.
  • Kalium: 753 miligram atau 22 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan kalium untuk kontrol otot dan mengatur cairan tubuh.
  • Fosfor: 136 miligram atau 14 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan fosfor berguna untuk mineralisasi tulang dan pensinyalan sel.
  • Kalsium: 6 miligram atau 9 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Tembaga: 0,1 miligram atau 5 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan tembaga untuk jaringan ikat yang sehat dan transmisi saraf.
  • Selenium: 1,6 mikrogram atau 2 persen dari kebutuhan harian. Kebutuhan selenium untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here