Beranda Ekonomi & Bisnis Saham Cathay Pacific Anjlok Setelah Peringatan Cina atas aksi protes

Saham Cathay Pacific Anjlok Setelah Peringatan Cina atas aksi protes

466
0
BERBAGI
Saham Cathay Pacific Anjlok Setelah Peringatan Cina atas aksi protes | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, EKONOMI – Cathay tampaknya telah menjadi sasaran kemarahan Beijing setelah beberapa krunya bergabung dengan protes pro-demokrasi.

Saham Hong Kong Cathay Pacific anjlok lebih dari empat persen pada hari Senin, setelah Beijing melarang staf maskapai penerbangan mendukung pengunjuk rasa Hong Kong dari penerbangan yang melalui daratan.

Saham Cathay kehilangan 4,37 persen menjadi HK $ 9,85 ($ 1,26) pada break di Hong Kong, dengan perusahaan induk perusahaan itu Swire Pacific Ltd jatuh 5,26 persen menjadi HK $ 77,50 ($ 9,88).

BACA JUGA :  Timnas Indonesia U-23 Garansi Posisi Puncak Grup A, Setelah Tumbangkan Hongkong

Menukik datang karena maskapai terjebak dalam protes pro-demokrasi yang telah mengguncang Hong Kong selama lebih dari dua bulan.

Pada hari Jumat, regulator penerbangan Beijing memerintahkan Cathay untuk menyerahkan daftar identitas staf yang bekerja pada penerbangan ke daratan atau melewati wilayah udaranya.

Ini memperingatkan setiap anggota staf yang terlibat dalam “protes ilegal” akan dilarang dari penerbangan tersebut.

CEO Cathay, Rupert Hogg mengatakan dalam sebuah pesan kepada staf pada hari Sabtu bahwa maskapai itu wajib mematuhi peraturan baru yang ditetapkan oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC).

BACA JUGA :  Timnas Indonesia U-23 Garansi Posisi Puncak Grup A, Setelah Tumbangkan Hongkong

“Operasi Cathay Pacific Group di daratan Cina adalah kunci bagi bisnis kami. Selain terbang masuk dan keluar dari daratan Cina, sejumlah besar rute kami baik ke Eropa maupun ke AS juga terbang melalui wilayah udara Cina daratan,” tulis Hogg.

“Karena itu kami secara hukum diharuskan untuk mengikuti peraturan CAAC dan, seperti halnya dengan pemberitahuan yang dikeluarkan oleh otoritas pengatur yang memiliki yurisdiksi atas kami, kami harus dan akan mematuhi.”

BACA JUGA :  Timnas Indonesia U-23 Garansi Posisi Puncak Grup A, Setelah Tumbangkan Hongkong

Cathay tampaknya menjadi sasaran kemarahan Beijing setelah beberapa krunya bergabung dengan protes dan media melaporkan salah satu pilotnya didakwa melakukan kerusuhan.

Ketua pengangkut John Slosar telah membela hak stafnya untuk kebebasan berpikir, dengan mengatakan “kita tentu tidak akan bermimpi mengatakan kepada mereka apa yang harus mereka pikirkan tentang sesuatu”.

Tetapi Hogg memperingatkan staf tentang perilaku mereka.

“Meskipun orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda, penting bagi kita semua untuk saling menghormati, pelanggan dan anggota masyarakat,” tulisnya.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here