Beranda Lifestyle Ingin Cepat Hamil, Berikut 10 Tes Kesuburan Wanita

Ingin Cepat Hamil, Berikut 10 Tes Kesuburan Wanita

631
Ingin Cepat Hamil, Berikut 10 Tes Kesuburan Wanita

DETIKEPRI.COM, KEHAMILAN – Setiap pasangan menginginkan cepat mendapat momongan atau anak sebagai bentuk buah pernikahan yang baik. Bahkan tidak sedikit orang melakukan berbagai terapi untuk mendapat keturunan.

Pentingan keturunan dalam sebuah pernikahan sebagai bentuk dan wujud nyata sebagai penerus generasi yang akan datang.

Anda dapat melakukan tes kesuburan wanita untuk memastikan apakah ada masalah infertilitas yang menyebabkan Anda sulit hamil. Ketahui apa saja alat tes kesuburan medis yang komprehensif dalam pembahasan ini.

Tes Kesuburan Wanita

Apabila Anda ingin hamil dan sudah melakukan hubungan seksual dengan pasangan tanpa pengaman selama 12 bulan namun belum juga hamil, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan tes kesuburan wanita.

Berikut ini beberapa tes untuk mengetahui kualitas kesuburan dan mendeteksi apabila ada masalah infertilitas pada tubuh Anda:

1. Tes Darah

Tes darah dibutuhkan untuk mengetahui level hormon wanita (progesteron) dalam darah. Hormon progesteron merupakan hormon yang berperan dalam proses ovulasi wanita, yaitu proses di mana sel telur yang sudah matang lepas dan siap dibuahi.

Melalui tes darah ini, dokter akan mengetahui apabila ada ketidakseimbangan hormon yang memicu masalah ovulasi. Apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, itu juga menjadi tanda-tanda masalah ovulasi yang umum.

2. Tes Klamidia

Tes klamidia (chlamydia) dibutuhkan untuk mengetahui apakah Anda memiliki infeksi klamidia yang dapat memicu penyakit radang panggul. Tes klamidia dilakukan dengan cara mengambil sampel sel dari leher rahim wanita.

Klamidia adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Infeksi klamidia tidak menimbulkan gejala namun dapat diatasi dengan antibiotik. Walaupun demikian, infeksi klamidia juga dapat memengaruhi masalah kesuburan.

3. Pemeriksaan dengan X-Ray

Dokter mungkin juga akan menyarankan tes kesuburan wanita dengan X-Ray (Sinar-X) untuk mengetahui apakah ada penyumbatan di tuba falopi. Tuba falopi adalah organ reproduksi wanita yang menghubungkan antara ovarium dan rahim.

Penyumbatan pada tuba falopi akan menyebabkan gangguan pada proses ovulasi atau pembuahan. Melalui tes X-Ray, dokter akan mengetahui bila ada masalah penyumbatan yang menghambat pembuahan.

4. Test dengan Ultrasound (USG)

Tes dengan ultrasound (Ultrasonologi/USG) digunakan untuk memeriksa kesehatan rahim, ovarium, dan saluran tuba. Gangguan pada organ reproduktif wanita tersebut dapat mengganggu kesuburan.

Tinggalkan Balasan