Beranda Lifestyle Benarkah Kafein Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

Benarkah Kafein Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

123
0
Kafein dapat meningkatkan daya ingat, menurut studi dan para ahli kesehatan | Foto : Dok.Istimewa

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Peningkatan daya ingat sudah barang tentu menjadi idaman bagi setiap orang, terlebih lagi usia yang beranjak senja, daya ingat sangatlah dibutuhkan mereka.

Banyak cara yang dilakukan setiap orang untuk meningkatkan daya ingat, bahkan mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan baik yang alami ataupun yang mengandung zat kimia tertentu.

Lantas sehat dan amankah jika mengkonsumsi obat-obatan tersebut untuk keberlangsungan daya pikir yang sangat baik?

BACA JUGA :  Kandungan Metanol dan Asetaldehida di Handsanitizer berbahaya

Beberapa penelitian melakukan sebuah riset penting terkait peningkatan daya ingat yang dihasilkan dari jenis zat tertentu.

Ternyata Kafein bisa meningkatkan daya ingat yang cukup baik, dan bahkan beberapa ahli kesehatan juga merekomendasikan ini dengan ambang batas yang baik.

Kafein adalah salah satu kandungan dari minuman yang populer di masyarakat, yaitu kopi. Kebanyakan orang meminum kopi untuk mengambil manfaat kafeinnya sebagai penghilang rasa kantuk. Tak hanya itu, kafein dalam kopi juga dinilai memiliki manfaat terhadap daya ingat.

BACA JUGA :  7 Manfaat Air Jahe Jika di Konsumsi Secara Rutin, Berikut penjelasannya

Kafein merupakan senyawa stimulan yang memengaruhi otak secara langsung, dan tidak diragukan lagi telah terbukti meningkatkan kewaspadaan. Telah banyak penelitian yang menjelaskan khasiat kafein untuk kesehatan, baik langsung maupun jangka panjang.

Selain dapat meningkatkan kewaspadaan serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, kafein juga dikaitkan dengan kemampuan menambah daya ingat manusia.

BACA JUGA :  Mencegah Penularan Covid-19 Lewat Udara (Airbone), Berikut Penjelasannya

Manfaat Kafein untuk Daya Ingat

Beberapa dokter dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore melakukan penelitian pada 160 orang sehat yang berusia 18-30 tahun.