Beranda Berita Internasional 15 Orang Meninggal Dunia, Akibat Banjir yang melanda Shanxi China

15 Orang Meninggal Dunia, Akibat Banjir yang melanda Shanxi China

117
0
Petugas penyelamat menguras air banjir setelah hujan deras di daerah Jiexiu di kota Jinzhong di provinsi Shanxi utara China pada hari Senin [China Out via AFP]

DETIKEPRI.COM, SHANXI – Sedikitnya 15 orang dilaporkan tewas, dan tiga lainnya masih hilang setelah hujan lebat terus menerus dan lebat memicu banjir di provinsi Shanxi, China utara, salah satu daerah penghasil batu bara utama negara itu, menurut media pemerintah.

Global Times yang dikelola pemerintah melaporkan pada hari Selasa bahwa setidaknya 1,75 juta orang telah terkena dampak banjir, dan sebanyak 120.000 orang mengungsi setelah 19.500 rumah “runtuh”.

BACA JUGA :  Proyek Perumahan diatas Kolam Retensi Disegel, DPM-PTS Segel dan Bekukan IMB

Laporan itu tidak mengatakan daerah mana di Shanxi yang paling parah terkena dampak. Provinsi ini terletak di sebelah barat Beijing, dan mencakup sekitar 156.000 km persegi (60.000 mil persegi).

Kerugian ekonomi langsung awal diperkirakan setidaknya $770 juta, kata laporan itu.

Kantor berita Xinhua mengatakan tanggap darurat banjir sudah diturunkan, menunjukkan bahwa situasi telah stabil, dengan tingkat air sungai kecil dan menengah jatuh di bawah tanda peringatan.

BACA JUGA :  Hujan Lebat Beberapa Daerah di Batam Terendam Banjir

Banjir terjadi hanya beberapa bulan setelah rekor banjir melanda provinsi Henan tengah negara itu pada Juli – menewaskan lebih dari 300 orang – dan menimbulkan kekhawatiran tentang memastikan pasokan energi menjelang musim dingin.

Banyak bagian Shanxi, sebuah provinsi yang terkurung daratan yang umumnya memiliki cuaca kering, mengalami curah hujan yang memecahkan rekor selama seminggu terakhir, menurut pemerintah provinsi, yang memerintahkan tambang batu bara untuk mengambil tindakan pencegahan banjir dan membuat rencana darurat untuk “diaktifkan segera di kasus bahaya besar”.

BACA JUGA :  Kota Sejarah Selalu Direndam Banjir Saat Hujan, Inilah Kondisi Pasar Berdikari Saat Ini