Beranda Lifestyle Mitos-Mitos Tentang Kehamilan

Mitos-Mitos Tentang Kehamilan

91

DETIKEPRI.COM, KEHAMILAN – Kehamilan adalah anugerah bagi pasangan suami istri, bahkan kehamilan menjadi idaman setiap pasutri, terlebih ini adalah penurus untuk keturunan mereka.

Cukup lama banyak orang meyakini tentang jenis kelamin sang jabang bayi dari beberapa hal yang disampaikan oleh orang tua terdahulu.

Hingga kini orang masih percaya akan mitos bentuk tubuh dan bahkan kebiasaan serta bentuk perut yang dapat menentukan jenis kelamin janin.

Ketika dinyatakan positif hamil, kadang kala orang-orang di sekitar Anda mulai memberikan nasihat untuk mengindari makanan atau minuman tertentu serta kegiatan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Namun perlu Anda ketahui, tidak berarti hal itu benar. Faktanya, banyak mitos tentang kehamilan yang populer itu salah.

Berikut ini adalah 5 mitos kehamilan yang beredar di masyarakat beserta faktanya:

1. Ukuran perut dapat memberikan petunjuk tentang jenis kelamin bayi

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa ukuran perut dapat menentukan jenis kelamin bayi. Konon katanya, posisi perut yang tinggi menunjukkan Anda mengandung seorang bayi perempuan, sedangkan posisi perut yang rendah adalah tanda pasti Anda memiliki anak laki-laki. Sayangnya, tidak ada kebenaran dalam mitos ini. Untuk menentukan jenis kelamin pada bayi, Anda perlu melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) pada usia kehamilan 14 minggu.

2. Jika merasakan rasa panas di dada, bayi Anda akan lahir dengan rambut tebal

Rasa panas di dada atau heartburn tidak ada hubungannya dengan kondisi rambut janin. Umumnya, rasa panas di dada ini biasanya disebabkan oleh makanan yang jenis makanan yang Anda konsumsi, misalnya terlalu banyak makan makanan pedas atau manis. Di samping itu, kerja saluran kerja yang melambat juga dapat meenyebabkan Anda merasa panas di dada.

3. Berhubungan seks saat hamil dapat membahayakan janin

Jangan khawatir, Anda bisa terus melakukan hubungan seks selama kehamilan. Dengan catatan, kondisi Anda dan janin dalam kandungan sehat dan tidak memiliki keluhan apa pun. Di dalam kandungan, janin terlindungi dengan baik berkat adanya perlindungan dari otot rahim, perut, panggul, serta cairan ketuban yang menyelubungi dirinya.

4. Anda harus makan untuk dua orang

Hal ini mungkin merupakan mitos yang sering Anda dengar, tetapi faktanya tidak benar. Selama trimester pertama dan kedua, Anda tidak perlu makan kalori ekstra. Pada trimester ketiga, Anda akan membutuhkan tambahan 200 kalori sehari, tetapi hal ini berarti dua iris roti gandum dengan sedikit mentega. Hampir tidak dapat dikatakan makan untuk dua orang.

5. Anda tidak harus mulai berolahraga selama kehamilan

Keadaan ini tidak benar sama sekali. Bahkan jika Anda belum pernah berolahraga sebelumnya, kehamilan adalah waktu yang tepat untuk memulai untuk berolahraga. Hal ini demi menjaga kesehatan Anda dan janin serta mempersiapkan diri untuk masa persalinan. Jika Anda sedikit malas, ajak diri Anda untuk berjalan-jalan, berenang, dan yoga kehamilan.

Tinggalkan Balasan