Beranda Daerah Dua Desa di Anambas Diterjang Banjir dan Longsor

Dua Desa di Anambas Diterjang Banjir dan Longsor

1198
Foto : Istimewa

Anambas, Detikepri.com – Hujan lebat yang mengguyur Pulau Jemaja, Anambas, tak hanya mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi.

Hujan juga telah menyebabkan tanah longsor yang terjadi di dua titik di pulau itu.

Yendi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Anambas ‎yang dihubungi Tribun, Jumat (12/1/2018), mengatakan, musibah tanah longsor terjadi di sekitar Desa Mampok Kecamatan Jemaja dan Dusun Dapit Kecamatan Jemaja Timur.

“Dari laporan yang kami terima dari Tagana ada dua titik. Kemudian ada satu rumah juga ambruk di Kelurahan Letung‎,” ujarnya.

BACA JUGA :  Latihan Adalah Naluri Jati Diri Prajurit, DANREM 033/WP Buka Latihan Posko I

Tagana pun, diakui Yendi, saat ini pihaknya masih terus mendata rumah warga yang mengalami kerusakan.

Dari informasi yang ia peroleh, banjir paling parah dialami oleh warga Desa Ulu Maras Kecamatan Jemaja Timur dengan ketinggian air hingga seleher orang dewasa.

“Informasi yang kami terima semalam seperti itu. Hari ini, kami masih belum mendapat laporan terkini dari orang di Jemaja,” ungkapnya.

Yendi mengatakan, pengiriman logistik di Jemaja masih sukar dilakukan karena terkendala cuaca yang berdampak pada transportasi laut dari Tarempa ke Jemaja.

BACA JUGA :  Sidang Pelaku Penistaan Agama Abraham B Moses

Menurutnya, dari koordinasi yang dilakukan dengan Camat Jemaja, ketersediaan bahan kebutuhan dinilai masih mencukupi.

“Saat ini, Tagan masih mengumpulkan data-data yang riil. Data ini yang kemudian menjadi dasar kami untuk mengirimkan logistik dan bantuan. Pak Sekda sebelumnya juga menginstruksikan agar proses pengiriman logistik kalau bisa dilakukan dengan cepat. Artinya tidak hanya di Dinsos saja, namun juga ke OPD lain yang terkait,” bebernya.

Musibah tanah longsor di Kecamatan Jemaja Timur juga dibenarkan oleh Husin, warga Desa Bukit Padi.

BACA JUGA :  Prabowo Salip Jokowi, #2019GantiPresiden Efektif

Musibh tanah longsor yang terjadi, mengakibatkan jalan menuju Jemaja terputus dan tida bisa dilalui.

Pria 32 tahun ini mengatakan, musibah ini merupakan yang terparah selama ia tinggal dan besar di Jemaja.

“Di Letung dan di Jemaja Timur juga tergenang air. Sejauh ini, saya belum dengar ada korban jiwa. Hanya saja, ada warga yang telah mengungsi ke rumah warga lain yang lebih tinggi,” ujarnya.(ptr)

Tinggalkan Balasan