Beranda Berita Internasional Pemakzulan Trump: Mengapa itu harus di Lakukan

Pemakzulan Trump: Mengapa itu harus di Lakukan

161
0
Donald Trump di makzulkan gegara demo pendukungnya | Foto : ilustrasi/Dok.Istimewa

DETIKEPRI.COM, AS – Dengan hanya beberapa hari sebelum masa jabatan Presiden AS Donald Trump berakhir, Demokrat di Dewan Perwakilan AS bergegas untuk mendakwa Trump. Langkah itu menyusul pengepungan Capitol pekan lalu setelah Trump mendesak para pendukungnya untuk berbaris di sana atas klaim bahwa pemilu 3 November ‘dicurangi’ terhadapnya.

Trump telah mengatakan bahwa dia akan menyerahkan kekuasaan kepada Joe Biden pada 20 Januari, ketika presiden baru akan dilantik. Lalu mengapa anggota Kongres bertekad untuk memakzulkan presiden? Akankah persidangan tetap berjalan bahkan jika dia tidak di kantor? Dan, apakah Demokrat benar-benar memiliki jumlah yang cukup untuk menangani pemakzulan?

Juga, apakah putusan tersebut berdampak pada peluang masa depan Trump untuk menjabat?

Berikut ini beberapa skenario dan apa yang dapat kami harapkan dalam beberapa hari mendatang.

Apa yang diinginkan Demokrat?

Demokrat di Kongres AS ingin mencopot Trump dari jabatannya baik dengan menekan Wakil Presiden Mike Pence atau dengan memakzulkannya.

Ketika beberapa Demokrat mendorong pemakzulan Presiden Donald Trump pada awal 2019, dibutuhkan sekitar lima bulan bagi Ketua DPR Nancy Pelosi untuk mendukung gagasan tersebut. Kali ini, hanya butuh satu hari.

Sidang DPR di Amerika Serikat | Foto : Dok.Istimewa

DPR akan memberikan suara pada hari Selasa pada resolusi yang menyerukan Pence, seorang Republikan, untuk meminta dalam satu hari Amandemen ke-25 untuk melucuti kekuasaan presiden.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda