Beranda Berita Internasional Pemakzulan Trump: Mengapa itu harus di Lakukan

Pemakzulan Trump: Mengapa itu harus di Lakukan

174
0

Apakah amandemen ke-25 itu?

Bagian 4 Amandemen ke-25 menjelaskan apa yang terjadi jika presiden tidak dapat menjalankan tugasnya tetapi tidak menyerahkan kekuasaan kepada wakil presiden sendiri. Wakil presiden dan mayoritas kabinet dapat menyatakan presiden tidak layak.

Mereka kemudian akan mengirim surat kepada ketua DPR dan presiden untuk sementara Senat mengatakan demikian. Wakil presiden kemudian menjadi penjabat presiden.

Presiden dapat mengirim suratnya sendiri yang menyatakan bahwa dia layak untuk melayani. Tetapi jika wakil presiden dan mayoritas kabinet tidak setuju, mereka dapat mengirim surat lagi ke Kongres dalam empat hari. Kongres kemudian harus memberikan suara. Presiden melanjutkan tugasnya kecuali kedua majelis Kongres dengan suara dua pertiga mengatakan presiden belum siap.

Mengapa itu disahkan?

Dorongan untuk amandemen rencana suksesi presiden jika presiden cacat atau meninggal mengikuti pembunuhan Presiden John F. Kennedy pada tahun 1963. Presiden Lyndon B. Johnson dalam State of the Union 1965 berjanji untuk ‘mengusulkan undang-undang untuk menjamin kesinambungan kepemimpinan yang diperlukan seandainya Presiden menjadi cacat atau meninggal. ‘ Amandemen tersebut disahkan oleh Kongres tahun itu dan diratifikasi pada tahun 1967.

sumber : gulfnews.com

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda