Beranda Berita Daerah Siap Dukung Pengembangan Pulau Ngenang dan Batik Marlin, Ini Kata Kemendagri

Siap Dukung Pengembangan Pulau Ngenang dan Batik Marlin, Ini Kata Kemendagri

80
0
Foto : Dok.Detikepri/Ferry

DETIKEPRI.COM, BATAM – Pulau Ngenang merupakan tempat wisata yang ada diKota Batam di kembangkan oleh masyrakat dan lembaga masyarakat yang bergerak dibidang pengembangan pariwisata di Kota Batam, yang didukung langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Batam.

Pulau Ngenang memiliki luas 81,47 km², dengan jumlah penduduk merupakan penduduk paling sedikit di kota Batam tahun 2020 yakni sebanyak 1.473 jiwa, dengan kepadatan 18 jiwa/km².

Menurut pengakuan penggiat wisata Kota Batam sebelum terjadi pandemi Covid-19, Pulau Ngenang menjadi destinasi wisata yang cukup sering dikunjung.

Sekarang berkurang jauh dari sebelumnya, dan perlu dilakukan upaya peningkatan kunjungan dengan mengangkat kegiatan dan produk kreatif yang ada di Pulau Ngenang.

Salah satu hasil kerajinan dan produk kreatif dari Pulau Ngenang adalah Batik Marlin. Batik ini dibuat oleh para masyarakat Pulau Ngenang.

Hal inilah yang membangkitkan semangat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendukung penuh pengembangan Pulau Ngenang menjadi pusat batik Marlin, yang selama ini di gagas oleh ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

Kebijakan ini disampaikan saat kunjungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nata Irwan, pada Rabu (13/01/2021) di Pulau Ngenang bersama Ibu Marlin Agustina.

Irwan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi karena ada kerajinan batik di Pulau Ngenang, terlebih lagi sudah ada ciri khasnya batik marlin.

“Kita lihat sangat banyak potensi di sini, kalau pulau Jawa sudah biasa membuat batik, tapi kalau ada di Pulau Ngenang tentu sangat luar biasa, ” kata Nata saat melakukan kunjungan kerja di rumah tenun Pulau Ngenang, Rabu (13/1/2021).

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda