Beranda Lifestyle Petai Baik Untuk Ginjal, Stroke dan Anemia, Berikut Penjelasannya

Petai Baik Untuk Ginjal, Stroke dan Anemia, Berikut Penjelasannya

623
0
Petai Baik Untuk Ginjal, Stroke dan Anemia, Berikut Penjelasannya | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Siapa yang tidak kenal dengan Petai buah yang selalu disandingan sebagai lalapan ataupun sebagai penambah menu disetiap makanan, bahkan petai ini menjadi favorit bagi sebaian orang.

Buah yang memiliki ciri khas bau yang sangat menyengat ini selalu menjadi teman dalam setiap hidangan, walau tidak sedikit yang tidak menyukai buah ini.

Terlebih lagi urine yang dihasilkan dari buah petai ini cukup membuat bau yang menyengat dan busuk, jadi wajar jika banyak yang tidak menyukai buah ini.

BACA JUGA :  Bagi Pasutri yang Mau Cepat Hamil, Sering Konsumsi Ikan

Petai atau parkia speciosa ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal. Anda bisa merasakan manfaat petai untuk ginjal dengan mengetahui berbagai kandunganya mulai dari antioksidan, beta-sitosterol dan stigmasterol, siklik polisufida, hexathionine, serta triathiolane.

Petai mengandung antikoksidan bernama flavonoid dan asam tiazolidin-4-karboksilat. Antioksidan ini berfungsi membantu melawan radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi ginjal dan menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes dan kanker.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa petai merupakan tanaman dengan kandungan dan aktivitas antioksidan yang tinggi.

Petai juga mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi menurunkan kadar gula darah. Gula darah yang tidak terkontrol dengan baik, dapat menyebabkan terjadinya gangguan fungsi ginjal.

BACA JUGA :  Sering Alami Pusing Berlebihan Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Manfaat petai untuk ginjal selanjutnya adalah mengurangi risiko infeksi ginjal yang sebagian besar disebabkan oleh bakteri.

Ekstrak biji petai mengandung siklik polisulfida, hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Penelitian sementara menyebutkan, ekstrak biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

Selain mengadung berbagai kandungan senyawa yang bermanfaat bagi ginjal, petai juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lainnya.

BACA JUGA :  KESIRA : Siap Fasilitasi Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu Secara

1. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam petai dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah yang sangat dibutuhkan penderita anemia.

2. Mengurangi risiko stroke dan jantung:

Petai yang kaya akan kalium juga dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mengatasi mual

Petai memiliki efek antasida alami di dalam tubuh, yang berguna untuk memberikan efek lega dan mengatasi mual. Kondisi mual juga bisa reda karena kemampuan petai dalam meningkatkan kadar glukosa darah.

Tinggalkan Balasan