Beranda Liputan Khusus Politik Berpengalaman Dua Periode Jadi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Dinilai Layak Jadi Kandidat...

Berpengalaman Dua Periode Jadi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Dinilai Layak Jadi Kandidat Capres

780
0
Irwan Prayetno

DETIKEPRI.COM, SUMBARGubernur Sumbar dua periode Irwan Prayitno dinilai layak menjadi bakal kandidat calon presiden (Capres) sejajar dengan kepala daerah dan mantan kepala daerah lainnya.

Terjun di dunia pendidikan dan dakwah mengantarkannya ke dunia politik. Pria berdarah Minang ini berhasil menjadi anggota dewan hingga gubernur Sumatera Barat dua kali.

Melihat profilenya diberbagai media siber Irwan merupakan Pria kelahiran Yogyakarta, 20 Desember 1963 sejatinya memiliki darah Minang dari kedua orang tuanya, Djamrul Djamal dan Sudarni Sayuti. Saat masih kecil, Irwan sempat tinggal di Semarang, kemudian berpindah ke Cirebon dan menempuh pendidikan dasar di SDN 4 Kebon Baru, Cirebon, Jawa Barat.

Setelah lulus Sekolah Dasar, pria berkulit coklat ini pun ikut orang tuanya hijrah ke Padang, Sumatera Barat. Irwan Prayitno melanjutkan pendidikannya di SMP 1 Padang dan SMA 3 Padang. Ia aktif dalam kepengurusan OSIS.

Lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan strata 1 ke Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) meski pada awalnya ingin berkuliah di Institut Teknoogi Bandung (ITB), namun terhalang masalah penghlihatan.

Selama kuliah, tak hanya aktif di organisasi kampus, ia pun aktif berdakwah, mengajar beberapa SMA swasta, dan menjadi konselor di bimbingan belajar Nurul Fikri.

Selain itu, ia juga bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Pada 1984, ia dipercaya sebagai Ketua HMI Komisariat Fakultas Psikologi UI.

“Irwan Prayitno kan Gubernur Sumbar 2 periode dia sangat layak untuk jadi kandidat Capres karena pengalamannya relatif banyak di pemerintahan dan tahu masalah daerah, jadi memang Capres Indonesia itu ke depan memang perlu berlatarbelakang kepala daerah karena tahu benar persoalan daerah,” Kata seorang politisi kawakan Kepri yg tak mau disebut namanya

Irwan Prayitno juga saat ini merupakan politisi PKS yang merupakan Ketua Dewan Pakar DPP PKS.