Beranda Ekbis CEO Apple Tim Cook akan menerima pemotongan gaji lebih dari 40 persen

CEO Apple Tim Cook akan menerima pemotongan gaji lebih dari 40 persen

1281
0
CEO Apple
CEO Apple Tim Cook mendukung perubahan pada paket pembayarannya [File: Eduardo Munoz/Reuters]

DETIKEPRI.COM, EKBIS – Komite kompensasi memperhitungkan umpan balik pemegang saham, kinerja perusahaan, dan rekomendasi dari Cook sendiri. CEO Apple Tim Cook akan menerima pemotongan gaji lebih dari 40 persen tahun ini

dari tahun sebelumnya karena perusahaan menyesuaikan cara menghitung kompensasinya sebagian berdasarkan rekomendasi dari Cook sendiri.

Apple Inc mengatakan dalam pengajuan peraturan Kamis malam bahwa total kompensasi target Cook adalah $49 juta untuk tahun 2023, dengan gaji $3 juta, insentif tunai $6 juta, dan penghargaan ekuitas $40 juta.

Maret lalu, Cupertino, California, perusahaan melakukan pemungutan suara penasehat pada gaji eksekutif dengan 6,21 miliar saham memberikan suara mendukung paket gaji eksekutif dan 3,44 miliar menentang. Ada juga yang abstain dan broker non-suara.

Apple mengatakan komite kompensasinya mempertimbangkan umpan balik pemegang saham, kinerja perusahaan, dan rekomendasi dari Cook

yang dipromosikan menjadi CEO pada 2011, untuk menyesuaikan kompensasinya dengan umpan balik yang diterima.

Apple mengatakan tahun lalu mereka mencari umpan balik dari pemegang saham tentang kompensasi dan menerima “dukungan luar biasa untuk kepemimpinan Mr Cook yang luar biasa dan nilai yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dia berikan kepada pemegang saham

Para pemegang saham yang kami ajak bicara yang tidak mendukung proposal Say on Pay 2022 kami secara konsisten mengutip ukuran dan struktur penghargaan ekuitas 2021

dan 2022 yang diberikan kepada Tuan Cook sebagai alasan utama keputusan pemungutan suara mereka, ”kata perusahaan itu.

Cook telah menerima gaji pokok $3 juta selama tiga tahun terakhir, tetapi total kompensasinya – termasuk penghargaan terbatas – melonjak dari $14,8 juta pada tahun 2020 menjadi $98,7 juta pada tahun 2021 dan $99,4 juta pada tahun 2022.

Apple mengatakan Cook mendukung perubahan kompensasinya.

Perusahaan berencana untuk memposisikan kompensasi target tahunan Cook antara persentil ke-80 dan ke-90 relatif terhadap kelompok rekan utamanya untuk tahun-tahun mendatang, menurut pengajuan tersebut.

Perusahaan akan mengadakan pertemuan tahunan pada 10 Maret.

Dalam perdagangan tengah hari, saham Apple turun tipis menjadi $133. Saham telah menurun sekitar 23 persen pada tahun lalu.