Beranda Lifestyle Cara Menangani Nyeri Punggu Belakang Saat Hamil, Penyebab dan Pencegahannya

Cara Menangani Nyeri Punggu Belakang Saat Hamil, Penyebab dan Pencegahannya

280
0
BERBAGI
Cara Menangani Nyeri Punggu Belakang Saat Hamil, Penyebab dan Pencegahannya
Cara Menangani Nyeri Punggu Belakang Saat Hamil, Penyebab dan Pencegahannya | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KEHAMILAN – Hamil adalah kondrat setiap perempuan, bahkan hamil merupakan anugerah yang harus di jaga dan di perhatikan dengan baik, tidak sedikit perempuan tidak bisa hamil karena beberapa penyebab dan faktor, oleh sebab itu bagi perempuan yang telah dikaruniai kehamilan harus dijaga dengan baik.

Hal yang wajar saat kehamilan berlangsung ada beberapa hal yang tidak biasa, seperti sakit pada perut, muntah, dan bahkan nyeri bagi punggung belakang, yang dekat dengan bokong belakang, ini merupakan hal wajar yang sering di rasakan oleh para calon ibu.

Begitu memasuki trimester kedua, seorang wanita yang hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Area perut terasa lebih besar, bokong, hingga kaki. Pembesaran ini tentu menyebabkan beberapa gangguan. Tubuh yang berat menyebabkan kaki sering bengkak. Selain itu, wanita juga kerap mengalami masalah dengan bokongnya yang nyeri.

Penyebab nyeri bokong saat hamil

Nyeri pada bokong cepat atau lambat akan muncul dan menyebabkan wanita tidak nyaman. Saat duduk agar lama nyeri biasanya akan muncul hingga ke pinggang. Tidur pun kadang tidak nyaman sehingga butuh ganjalan di sekitar bokong. Secara umum, nyeri yang terjadi di bokong disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

Wasir

Wasir akan lebih mudah terjadi pada wanita yang sedang hamil. Wasir muncul karena area panggul akan lebih sering dengan meningkatnya ukuran dari janin. Umumnya pada trimester kedua dan ketiga, seorang wanita akan mulai mengalami peningkatan tekanan di area panggul sehingga pembuluh darah di anus menjadi membengkak. Kondisi ini akan lebih parah kalau wanita mengalami sembelit dan sering mengejan saat buang air besar.

Wasir menyebabkan nyeri yang cukup intens di sekitar bokong. Selain itu beberapa wanita juga mengalami nyeri saat buang air besar, semacam bisul juga akan muncul akibat pembengkakan pembuluh darah. Saat buang air besar, perdarahan sering terjadi sehingga feses memiliki warna merah.

Sciatica

Setiap orang memiliki saraf sciatic di bokong yang memanjang hingga ke kaki. Pada wanita hamil, saraf ini sering sekali mengalami beberapa masalah akibat tekanan dari rahim dan juga janin yang terus membesar. Saraf yang terus mendapatkan tekanan akan memunculkan kondisi bernama sciatica dan terasa sangat sakit.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here