Beranda Daerah Melirik Petani Pakis Yang Merupakan Budidaya Sayuran Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Melirik Petani Pakis Yang Merupakan Budidaya Sayuran Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

0
Ahmad Karim Petani Pakis Kelurahan Gunung Lengkuas yang ulet dalam membudidayakan Sayuran Pakis | Foto : AA - https://www.detikepri.com

DETIKEPRI.COM-BINTAN, Pakis adalah tumbuhan liar yang hidup di daerah lebab dan selama ini hanya di manfaatkan namun tidak ada upaya untuk membudidayakan, sebab tumbuhan ini cukup banyak terdapat iklim tropis, seorang petani Bintan justru melihat peluang besar dengan budidaya pakis.

Upaya membudidayakan ini justru menjadi nilai komoditas tinggi, yang selama ini tidak menjadi perhatian serius oleh siapapun, terbukti dengan budidaya yang dilakukan seorang petani Bintan, justru mendapat hasil ekonomis yang cukup baik.

BACA JUGA :  Pelaku Bom Bangil Sempat Serang Kapolsek M Iskak

“Banyak manfaat dengan membudidayakan sayur pakis. Selain mendapatkan alternatif pendapatan. Sayuran jenis pakis tidak lah terlalu sulit dalam proses menanamnya. Yang terpenting kultur tanahnya memadai untuk menjadi lahan lembut resapan air,” kata Ahmad Karim pentani Pakis Kelurahan Gunung Lengkuas,” Sabtu 14-07-2018

Dirinya mengatakan, keuntungan menanam jenis sayuran pakis adalah lebih hemat. Hemat tenaga, hemat waktu, dan hemat biaya perawatan.

Pakis adalah Tumbuhan yang hidup di kondisi iklim tropis dan lembab. | Foto : Ist/Net

Sebab jenis sayuran ini setelah dilakukan panen pertama, tidak menunggu waktu lama untuk memanennya kembali, hanya menunggu lebih kurang 5 hingga 6 hari, sudah dapat dipetik hasilnya kembali.

BACA JUGA :  Meriahkan hari ibu,  Dakubi Bintan Sajikan Berbagai Macam Kegiatan

Yang harus diperhatikan dalam membudidayakan sayuran jenis pakis adalah luasan lahan dan kondisi kontur tanah yang cukup baik untuk menahan endapan air, karena pakis dapat hidup di kondisi tanah yang berkontur lembab.

Mengapa pakis mudah di budidaya, karena jenis sayuran pakis adalah jenis sayuran yang mampu tumbuh bersama rumput rumput liar di dataran tanah yang lembab.

BACA JUGA :  Hari Raya Idul Fitri, Seorang Wanita Ditelan Ular Piton Hingga Tewas

“Sayuran jenis pakis ini memiliki peluang pasar yang baik. Perkilo jika orang mengambil di Kebun Rp 5000. Sedangkan jika di jual di pasaran Rp 8000 Per Kg. Masih banyak jenis sayuran yang tidak terlalu sulit namun memeilik nilai ekonomis yang tinggi seperti, sayur paku, sayur daun ubi kayu, genjer dan sayur kangkung air, ” ungkapnya.


Adi Seorang Pemuda Bintan Sedang Memesan Sayuran Pakis milik Ahmad Karim | Foto : AA – https://www.https://www.detikepri.com

Tinggalkan Balasan