Beranda Internasional Pantai Drakes California di Penuhi Ribuan Ikan Penis Yang Terdampar

Pantai Drakes California di Penuhi Ribuan Ikan Penis Yang Terdampar

302
0
Pantai Drakes California di Penuhi Ribuan Ikan Penis Yang Terdampar | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, CALIFORNIA – Hal yang tak lazim terjadi di pantai Drakes California, warga sekitar dikejutkan dengan munculnya ribuan ikan yang disebut sebagai Penis Fish.

Ikan ini menutupi sebagian pantai hingga menghebohkan warga sekitar.

Tidak sedikit, ikan ini berkoloni dan mengeluarkan lendir.

Ribuan penis fish atau ikan penis hanyut dan terdampar di pantai California. Ikan penis ini pada dasarnya merupakan cacing dengan nama Urechis caupo.

Pantai Drakes California di Penuhi Ribuan Ikan Penis Yang Terdampar | Photo : istock

Dikutip dari BBC, meski tergolong jenis cacing, hewan ini secara luas disebut penis fish. Keluarga cacing ini (Urechidae) hanya berisi empat spesies di seluruh dunia.

Di Amerika Utara, cacing ini dapat ditemukan di wilayah Oregon Selatan hingga Baja, dengan sebagian besar penampakannya di antara Teluk Bodega dan Monterey, menurut Bay Nature.

Cacing ini hidup di dalam tanah, pantai atau lumpur. Mereka menggali lubang berbentuk U yang memiliki panjang beberapa meter tetapi selebar tubuh mereka.

Ketika air pasang masuk, penish fish akan menuju ke terowongan itu. Saat menggali liangnya, cacing ini juga akan mengeluarkan lendir yang bersifat lengket.

Lendir itu terkadang terlihat seperti ubur-ubur yang membusuk, terbungkus di sekitar pintu masuk liang dan terhubung dengan mulutnya.

Usai mengeluarkan lendir, cacing ini akan menggunakan ketiga lapisan ototnya untuk memompa banyak air ke liangnya.

Air akan membawa plankton, bakteri dan makanan lainnya ke jaring lendir dan menjadi santapan cacing ini. Namun, cacing ini tidak sekadar memangsa. Ia juga bermanfaat bagi hewan-hewan lain di habitatnya.

Cacing lain, udang bahkan kepiting bisa ikut masuk ke liang dan ikut makan. Penis fish juga dikenal dengan nama innkeeper worm atau penjaga penginapan.

Istilah innkeeper worm itu lantaran lubang yang mereka buat itu juga digunakan sebagai tempat persembunyian.

Namun badai yang terjadi baru-baru ini di California menyapu rumah mereka sehingga tempat persembunyian penis fish ini rusak.

Akibatnya cacing ini kehilangan terowongan persembunyian dan muncul di pantai Pantai Drakes yang berjarak 50 mil utara San Francisco.

Tinggalkan Balasan