Beranda Daerah Berkunjung ke Batam, Menko Luhut Minta KEK Kabil Selesai Dua Bulan

Berkunjung ke Batam, Menko Luhut Minta KEK Kabil Selesai Dua Bulan

1138
0
BERBAGI
Menko Luhut Binsar Panjaitan (foto : ist/net)

DETIKEPRI.COM, Batam – Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan industri Kabil, Batam, Kepulauan Riau selesai dalam satu hingga dua bulan. karena area tersebut dinilai paling siap untuk diubah dari Free Trade Zone (FTZ) ke KEK.

“Itu segera dan Presiden sudah mau, (lokasinya) akan segera diumumkan,” kata Luhut, dilansir Antara, Kamis (15/3/2018).

BACA JUGA :  Hujan 2 Jam 46 Rumah Tiban Koperasi Diterjang Banjir, 1 Rumah Tertimpa Pohon

Dengan adanya perubahan status itu, kata Luhut, para investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Batam akan lebih cepat untuk merealisasikan rencana pengembangan usahanya.

“Misalnya di Kabil area mau jadi KEK segera saja kita mainkan, tidak ada masalah dan saya berharap satu dua bulan selesai,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan, ada lima lokasi yang ditawarkan pihaknya kepada Menko Kemaritiman. Lokasi tersebut diantaranya Galang Batang, Rempang-Galang, Tanjungsauh dan Pulau Asam.

BACA JUGA :  Pantai Trikora Bintan, Wisata dan Surganya Kite Surfing

“Lima lokasi KEK yang kita tawarkan pastinya sudah ada investornya dan yang memang bisa berkompetisi kita tetapkan saja menjadi KEK,” kata Nurdin.

Nurdin tidak ingin nantinya kawasan yang sudah ditetapkan sebagai KEK sudah nantinya terbengkalai dan tidak dimanfaatkan.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan transformasi Batam dari Kawasan perdagangan Bebas dan pelabuhan Bebas (KPBPB) menuju KEK akan dilakukan secara bertahap, dengan kurun waktu dua hingga tiga tahun kedepan.

BACA JUGA :  BMKG: 3 Hari Ke depan, Waspada Gelombang Tinggi
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here