Beranda Daerah Penduduk Miskin di Kepri Meningkat, Ini Kata Gubernur Nurdin

Penduduk Miskin di Kepri Meningkat, Ini Kata Gubernur Nurdin

1311
0
BERBAGI
Gubernur Kepri Nurdin Basirun (foto : Batamnews)

DETIKEPRI.COM, Batam – Tingkat kemiskinan atau penduduk miskin di Kepulauan Riau (Kepri) pada 2017 terus meningkat. “Tingkat kemiskinan Kepri meningkat karena industri galangan kapal melemah, itu logika, kita sadar,” kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Rabu (14/3).

Kata Nurdin, pemerintah akan mencari terobosan untuk meningkatkan kembali perekonomian daerah.

“Kita mendorong investasi, mempercepat APBD dibelanjakan, memberi pelayanan kepada investor, sudah kami upayakan bermacam-macam,” kata Nurdin dikutip dari Antara.

Sementara itu, Bank Indonesia menghitung jumlah penduduk miskin di Provinsi Kepulauan Riau meningkat pada 2017, berdasarkan perhitungan selisih antara pertumbuhan ekonomi dengan inflasi yang dicatatkan.

BACA JUGA :  Data Pemenang Pilkada Serentak 2018 Berubah, Diduga Website KPU Diretas

“Ekonomi Kepri yang hanya tumbuh 2,01 persen (yoy) pada 2017, sementara itu angka inflasi para triwulan IV-2017 tercatat 4,02 persen (yoy) telah berdampak meningkatnya jumlah penduduk miskin di Kepri,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra.

BI mencatat, pada September 2017, jumlah penduduk miskin mencapai 128.462 orang atau 6,13 dari total penduduk, meningkat dibanding Maret 2017 sebanyak 125.370 orang atay 6,06 persen dari total penduduk.

BACA JUGA :  Ormas P4WB Galang Dana Untuk Korban Gempa Bumi Lombok, Pray For Lombok, Hope For Lombok

Berdasarkan data BPS, Gini Ratio Kepri per September 2017 sebesar 0,359, meningkat 0,025 poin jika dibandingkan dengan Gini Ratio periode Maret 2017.

Peningkatan Gini Ratio sejalan dengan peningkatan tingkat kemiskinan di Kepri pada periode tersebut. “Tingkat kesejahteraan September 2017 menurun karena pelemahan ekonomi,” kata dia.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here