Beranda Syiar Islam Taukah Anda Sholat Taubat, Berikut Tata Cara dan Bacaan Sholat Taubat

Taukah Anda Sholat Taubat, Berikut Tata Cara dan Bacaan Sholat Taubat

560
0
BERBAGI

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya: “Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari)

Apa yang harus dilakukan setelah mengerjakan sholat taubat nasuha?

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha, maka disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Selain tidak mengulangi maksiat dan dosa seperti dulu, bentuk amal kebaikan yang paling utama setelah mengerjakan sholat taubat adalah sedekah.

Mengapa demikian? Karena sedekah merupakan sebab terbesar terhapusnya dosa-dosa seseorang. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Alquran surat Thaha ayat 82 yang artinya: “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

Keutamaan sholat taubat nasuha
Keutamaan sholat taubat nasuha tergambar jelas dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 271 berikut ini, yang artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Selain yang tampak pada ayat tersebut, keutamaan sholat taubat nasuha juga disebutkan dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan Imam Tirmidzi berikut ini:

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ada tiga perkara yang aku berani bersumpah atasnya. yaitu tidak akan berkurang harta dengan sebab sedekah, dan tidaklah Allah SWT menambahkan kepada hamba karena dia pemaaf melainkan kemulian, dan barangsiapa yang bersikap tawadhu karena Allah SWT, maka Allah SWT akan mengangkat dan meninggikan (derajat kemuliaan-nya).”

Demikianlah keutamaan sholat taubat nasuha jika kita menjalankannya dengan benar dan sungguh-sungguh demi mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

(ism, Dirangkum dari berbagai sumber)

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here