Beranda Berita Internasional Turki ingin ‘Langkah Nyata’ dari Swedia, Finlandia atas tawaran NATO

Turki ingin ‘Langkah Nyata’ dari Swedia, Finlandia atas tawaran NATO

168
0
Presiden Turki
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan langkah-langkah harus mencakup komitmen tertulis untuk memerangi 'terorisme' dan kerja sama industri pertahanan [File: AP]

DETIKEPRI.COM, ANKARA – Presiden Turki mengatakan tidak ada kemajuan yang dapat dicapai dalam proses tersebut tanpa melihat ‘langkah nyata’ oleh kedua negara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan langkah-langkah harus diambil untuk mengatasi kekhawatiran “sah” Ankara atas tawaran NATO dari Finlandia dan Swedia.

Menurut sebuah pernyataan oleh Direktorat Komunikasi Turki pada hari Rabu, Erdogan mengatakan kepada Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam panggilan telepon bahwa tidak ada kemajuan yang dapat dicapai tanpa melihat “langkah-langkah nyata” oleh Finlandia dan Swedia yang akan memenuhi “harapan yang sah” Turki.

Langkah-langkah tersebut dapat mencakup komitmen tertulis untuk perubahan paradigma dalam memerangi “terorisme” dan kerja sama industri pertahanan, katanya.

Harapan Turki tidak dipenuhi oleh dokumen dari Swedia, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan, menambahkan setiap negosiasi tentang upaya negara-negara Eropa utara untuk bergabung dengan NATO harus memenuhi tuntutan Turki terlebih dahulu.

1
2
3
4
5
6
SebelumnyaGuru Harusnya Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Kok Sekarang Jadi Guru Kurikulum
SelanjutnyaGalakkan Operasi Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Batam Amankan Kapal Cepat Berisi Ratusan Ribu Rokok Ilegal