Beranda Lifestyle Kandungan Nutrisi Buah Lontar Yang Jarang Diketahui Orang

Kandungan Nutrisi Buah Lontar Yang Jarang Diketahui Orang

233
0
BERBAGI
Kandungan Nutrisi Buah Lontar Yang Jarang Diketahui Orang | Photo : Ist/Net/Lontar

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Tidak banyak yang mengenal buah lontar, sebagian orang mengenal lontar sebab pada jaman dulu daun lontar sering digunakan untuk media menulis sebuah surat atau bahkan menulis sebuah kitab untuk dapat dipelajari oleh orang lain.

Pohon lontar tidak banyak tersebar di daerah-daerah Indonesia, hanya beberapa daerah saja lontar dapat tumbuh subur.

Dibeberapa tempat menjual buah lontar dan olah menjadi minuman segar dan enak, bahkan tidak sedikit orang yang menggemari minuman segar buah lontar.

Tidak banyak yang mengetahui kandungan nutri dan manfaat dari buah lontar itu sendiri, nah inilah yang harus diketahui karena buah lontar memiliki 11 manfaat dan memiliki kandungan nutrisi.

Buah Lontar dan Kandungan Nutrisinya

Buah lontar (Borassus flabeliffer) adalah buah yang masuk ke dalam golongan palma. Buah yang memiliki nama lain ‘siwalan’ ini banyak tumbuh di daerah tropis, dan wilayah Asia Selatan juga Asia Tenggara menjadi habitat utama dari pohon lontar tersebut.

Di Indonesia sendiri, pohon lontar dapat ditemui di sejumlah daerah mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Buah lontar atau siwalan yang rupanya mirip dengan kolang-kaling ini merupakan buah yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah lontar bagi tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah nutrisi dan vitamin, seperti:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Seng
  • Vitamin A, B, dan C
  • Sudah bisa dibayangkan manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah lontar secara rutin, bukan?

    Manfaat Buah Lontar bagi Kesehatan yang Tak Terduga

    Selain menyegarkan (apalagi jika dijadikan minuman), buah lontar mengandung banyak manfaat terkait kesehatan tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat buah lontar bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

    1. Merawat Sistem Pencernaan

    Sebagai buah yang mengandung serat, tak heran manfaat buah lontar adalah untuk merawat kesehatan sistem pencernaan, juga mengatasi sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit dan diare.

    Seperti yang sudah kita ketahui, serat adalah zat yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat peptin misalnya.

    Baca Halaman Berikutnya
    Komentar
    loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here