Beranda Liputan Khusus Syiar Islam Dahulukan Adab baru Ilmu, Sebuah Study Penerapan Ahlaq dalam Islam

Dahulukan Adab baru Ilmu, Sebuah Study Penerapan Ahlaq dalam Islam

231
0
IKLAN

DETIKEPRI.COM,SYIAR ISLAM – Menjadi pribadi yang sempurna tidaklah mudah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Bagi seorang terpelajar, sudah tentu ilmu yang dicari adalah ilmu yang bermanfaat dunia dan akhirat.

Dalam Islam Allah SWT memberikan kedudukan yang khusus bagi orang-orang yang rajin menuntut ilmu. Pendidikan adab dalam pembelajaran menjadi sangat berarti bagi umat Islam. Agar tetap menjaga Ahlaq yang di contohkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Pemahaman antara Adab dan ilmu adalah tingkatan yang diperoleh dari buah kedewasaan seseorang dalam menjalani kehidupan. Mengutip dari muslim.or.id bahwa ulama salaf, sangat perhatian pada masalah adab dan akhlaq pada kehidupan sehari-hari. Mereka menekankan pada menggeluti sesuatu bidang ilmu.

Imam Darul Hijrah dan Malik rahimahumullah berkata pada seorang pemuda Quraisy antara lai,

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

“Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”

Mengutip khiasan adab merupakan buah dari ilmu yang bermanfaat, syaikh Muhammad bin shalih Al- Utsaimin rohomahullah berpesan : “Seseorang Penuntut ilmu, jika tidak menghiasi dirinya dengan Ahlaq yang Mulia, maka tidak akan pernah berfaedah ilmunya”

1
2
3
SebelumnyaTujuan Jahat Heru Budi, Kuliti Warisan Gubernur Anies
SelanjutnyaJum’at Berkah : Pegadaian Syariah Bhakti Sosial Bersama DLH Kota Batam