Beranda Olahraga Alex Rins Podium, Bagnaia Crash, MotoGP Amerika

Alex Rins Podium, Bagnaia Crash, MotoGP Amerika

484
0
Bagnaia terjatuh, Alex Rins Juara

DETIKEPRI.COM, MOTOGP – Alex Rins juara, Francesco Bagnaia harus terjatuh pada MotoGP yang berlangsung pada Senin (17/4/2023) di Sirkuit The Americas penuh dengan drama jatuhnya para pembalap.

Starting grid yang awalnya di huni oleh Bagnaia di Grid 1, Alex Rins Grid 2, Luca Marini di Grid 3 dan Fabio Quartararo di Grid ke 7.

Awal balapan terlihat Paco mengasai jalannya balapan hingga Lap ke 14 namun pada tikungan ke 3 Bagnaia harus terjatuh, dan kondisi ini di manfaat dengan baik Alex Rins yang berada tepat di belakang Bagnaia.

Balapan cukup sengit perebutan posisi pertama antara Bagnaia dan Alex Rins sangat ketat, jarak yang sangat dekat memungkinkan Alex Rins dapat merebut posisi terdepan.

Beberapa kali Alex Rins mencoba untuk merebut posisi terdepan, namun kuatnya pertahanan Bagnaia yang memaksa Alex Rins bersabar menunggu momen yang baik.

Yang pada akhirnya Bagnai harus keluar dari lintasan dan tidak dapat melanjutkan balapan disebabkan tergelincir pada Sektor 3 hingga FIM Appeal Stewards menetapkan Yellow Flag (Bendera Kuning) di Sector 3.

BACA JUGA :  Trio Spanyol Rebut Pedium di Sirkuit Assent Belanda, Valentino Rossi ke 6

Sebab pada sektor 3 sering kali pembalap terjatuh, yang pertama kali terjatuh adalah Jorge Martin yang langsung mengakibatkan Alex Marquez ikut terjatuh hingga motor Jorge Martin terbakar.

Jack Milir juga mengalami Crash di Sector 3 yang mengakibatkan dia harus keluar dari lintasan dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Begitu juga dengan rekan setim nya Brad Binder yang terjatuh di Sector yang sama, hal ini menjadi perhatian FIM Appeal Stewards.

Jatuhnya Francesco Bagnaia menguntungkan bagi Alex Rins, Fabio Quartararo dan Luca Marini.

Posisi balapan berubah dengan Alex Rin menjadi pemimpin balapan yang di ikuti oleh Fabio Quartararo dan juga Luca Marini, pada LAP ke 7 Fabio Quartararo harus menyerah dari desakan tim Mooney VR46 Luca Marini.

Sehingga posisi kedua di kuasia oleh tim asuhan Valentino Rossi dan juga adik tirinya yakni Luca Marini.

Hingga balapan berakhir Luca Marini dengan nomor motor 10 mampu mempertahankan posisi kedua yang di ikuti oleh Tim Pabrikan Yamaha Fabio Quratararo.

Balapan cukup sengit dan berbagai drama terjadi, dengan terjatuhnya Francesco Bagnaia posisi Klasemen sementara MotoGP 2023 masih di kuasai oleh Marco Bezzecchi yang memperoleh 64 Poin.

BACA JUGA :  Menang di Sprint Race, Bagnaia pimpin klasemen sementara

Walau tidak mendapat podium teratas pada balapan di sirkuit Americas, dan hanya finis di posisi ke 6 Bezzecchi menjadi pemimpin klasemen MotoGP 2023.

Yang diikuti Francesco Bagnaia pada posisi ke dengan 54 Poin dan Alex Rins di Posisi ke 3 dengan torehan nilai 47 Poin.

Perolehan point di seri MotoGP Amerika memperkuat posisi Bezzecchi dan Alex Rins. Sehingga memungkinkan Alex Rins merebut posisi kedua Klasemen Sementara jika Francesco Bagnaia tidak mendapat poin pada balapan selanjutnya yang bakal di gelar pada Sirkuit Circuito de Jerez.

Yang akan digelar pada 30 Apri 2023 mendatang, 2 Balapan Bagnaia harus terjatuh dan keluar dari balapan dan tidak mendapatkan poin apapun.

ini yang menjadi kelemahan dari Bagnaia yang selalu membuat kesalahan dalam setiap balapan, sehingga tidak dapat mengumpulkan poin dalam balapan.

Bagnai harus tersingkir dari posisi pertama klasemen sementara di Austria, dan sekarang juga harus terjatuh hingga memungkinkan Alex Rin merebut posisi kedua.

Hasil Final MotoGP di Sirkuit The Americas
Pos Pembalap Status
1
A. Rins

·

#42
Finish
2
L. Marini
Ducati

·

#10
Finish
3
F. Quartararo

·

#20
Finish
4
M. Vinales
Aprilia

·

#12
Finish
5
M. Oliveira
Aprilia

·

#88
Finish
6
M. Bezzecchi
Ducati

·

#72
Finish
7
J. Zarco
Ducati

·

#5
Finish
8
F. Morbidelli

·

#21
Finish
9
F. Di Giannantonio
Ducati

·

#49
Finish
10
A. Fernandez
KTM

·

#37
Finish
11
M. Pirro
Ducati

·

#51
Finish
12
J. Folger
KTM

·

#94
Finish
13
B. Binder
KTM

·

#33
Finish
14
S. Bradl

·

#6
DNF
15
T. Nakagami

·

#30
DNF
16
J. Mir

·

#36
DNF
17
F. Bagnaia
Ducati

·

#1
DNF
18
J. Miller
KTM

·

#43
DNF
19
R. Fernandez
Aprilia

·

#25
DNF
20
A. Marquez
Ducati

·

#73
DNF
21
A. Espargaro
Aprilia

·

#41
DNF
22
J. Martin
Ducati

·

#89
DNF