Beranda Sejarah Seni & Budaya Kang Ibing Sang Legenda Sunda

Kang Ibing Sang Legenda Sunda

744
0
BERBAGI
Kang Ibing/foto: istimewa

DETIKEPRI.COM, TOKOH — Kang Ibing adalah pelawak Indonesia yang  tergabung dengan grup lawak De’Kabayan yang terdiri antara lain Aom Kusman dan Suryana Fatah. Pelawak ini juga aktif dalam kesenian Sunda dan pula pernah aktif sebagai Penyiar Radio Mara Bandung bersama Wildan Nasution.

Pemilik nama lengkap R. Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata ini berasal dari pasangan R Suyatna Bin Aang – Nyi R Kusdiah Ratna Komala. Ibing ikut kakek dan neneknya tinggal di kawasan Jl Asia Afrika. Semasa kecilnya, Ibing terkenal sebagai anak nakal karena tak bisa diam. Ada saja ulah yang dilakukannya, semisal mencat kambing tetangga.

BACA JUGA :  Sanggar Radath Sri Tanjung Tarempa, Tetap Exis Dan Terus Berkarya

Ibing yang berotak cerdas, masuk Universitas Padjadjaran, Jurusan Sastra Rusia selulus dari SMAN 4 Bandung. Ia pun terpaksa tinggal di DAMAS (Daya Mahasiswa Sunda) karena tak sanggup bayar uang kos. Untuk menyambung hidup, tiap jam 04.00 ia pergi ke Pasar Andir dan berjualan singkong. Tak jarang, sebagian uang hasil berjualan singkong dikirim ke orangtuanya untuk membantu biaya sekolah adik-adiknya. Kang Ibing pernah menjabat sebagai Ketua Kesenian Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS), Penasihat Departemen Kesenian Unpad dan pernah juga menjadi Asisten Dosen di Fakultas Sastera Unpad.

BACA JUGA :  Paguyuban Pasundan Batam Hidupkan Kesenian Khas Sunda
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here