Beranda Lifestyle Sering Alami Gatal Pada Kulit, Hati-hati Bisa Berbahaya, Berikut Penjelasannya

Sering Alami Gatal Pada Kulit, Hati-hati Bisa Berbahaya, Berikut Penjelasannya

195
Sering Alami Gatal Pada Kulit, Hati-hati Bisa Berbahaya, Berikut Penjelasannya | Photo : Dok.Istimewa

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Jika sering mengalami gatal pada kulit yang tidak kunjung sembuh, baiknya di periksakan ke dokter kulit, bisa jadi itu adalah penyakit Darmatitis, yang harus diwaspadai.

Penyakit ini bisa mengakibatkan masalah baru bagi kesehatan, untuk itu harus waspada dan perlu diketahui penyebabnya.

Ada macam-macam dermatitis atau peradangan kulit kronis yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Apa saja jenis dermatitis tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Dermatitis?

Dermatitis adalah penyakit radang kulit kronis. Kondisi ini membuat kulit penderitanya mengalami sejumlah gejala yaitu:

  • Ruam berwarna kemerahan
  • Bengkak
  • Nyeri
  • Gatal
  • Kering dan bersisik
BACA JUGA :  Selama Puasa Ramadhan Olah Raga Memiliki 4 Manfaat Penting, Berikut Penjelasannya

Mereka yang mengalami dermatitis biasanya akan mengalami rasa gatal yang terus menerus hingga kadang bisa menimbulkan bekas garukan, timbul ruam kemerahan, bahkan sampai berdarah. Selain itu, kondisi ini juga dapat memunculkan lepuhan di kulit. Pada beberapa orang, dermatitis bisa menjadi sangat menyakitkan hingga menyebabkan timbulnya ulkus.

Dermatitis merupakan masalah yang paling umum terjadi di kulit. Kendati mayoritas kasus dermatitis tergolong ringan dan tidak berbahaya, tetap saja hal ini sangatlah mengganggu dan kadang bisa membuat rasa percaya diri menurun.

BACA JUGA :  Ibu Hamil Jangan Malas Bergerak, Ini 9 Bahaya Yang Bisa Mengancam Ibu dan Bayi

Macam-Macam Dermatitis yang Harus Diwaspadai

Ada macam-macam dermatitis yang perlu Anda ketahui. Dermatitis umumnya terjadi dalam jangka panjang (kronis). Berikut ini adalah beberapa jenis dermatitis yang kasusnya paling umum:

1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak dibagi menjadi dua yaitu:

  • Dermatitis kontak alergika
  • Dermatitis kontak iritan.

Dermatitis kontak iritan biasanya muncul setelah bersentuhan dengan iritan kuat. Dermatitis kontak dapat pula muncul pada mereka yang bersentuhan dengan substansi pemicu alergi seperti nikel atau kosmetik.

BACA JUGA :  93 Formasi CPNS 2019 Yang Bakal di Buka BNPB, Berikut Penjelasannya

Penanganan dermatitis kontak antara lain dengan penggunaan lotion untuk pelembab kulit dan obat dengan kandungan steroid. Namun demikian, yang terpenting adalah menghindari iritan penyebab jenis dermatitis yang satu ini.

2. Dermatitis Atopik (Eksim)

Dari macam-macam dermatitis yang ada, dermatitis atopik adalah dermatitis yang paling sering terjadi. Mereka yang memiliki dermatitis ini terkadang mengalami asma, memiliki riwayat keluarga yang menderita asma, dan rhinitis alergi, dan tidak jarang pula mereka yang menderita dermatitis ini memiliki kulit kering.

Tinggalkan Balasan