Beranda Daerah Lukisan Dinding Berumur 44.000 Tahun, Ternyata Ada di Gua Sulawesi Selatan

Lukisan Dinding Berumur 44.000 Tahun, Ternyata Ada di Gua Sulawesi Selatan

0
Lukisan yang menggambarkan seekor binatang yang berada di dinding gua | Photo : MAXIME AUBERT / PA WIRE

DETIKEPRI.COM, SEJARAH – Kebanyakan lukisan biasanya hanya bertahan hingga 1 abad ataupun hanya bertahan beberapa dekade saja, dan Lukisan ini biasa terkenal di Eropa dan benua lainnya, belum ada satupun lukisan yang berasal dari Indonesia.

Walau demikian lukisan adalah satu mahakarya yang harus di apresiasi dengan baik, lukisan adalah sebuah cerminan dari sang pembuatnya.

Baru-baru ini jagad dunia di gegerkan dengan ditemukannya sebuah lukisan yang diperkiran berumur 44.000 Tahun, yang beradai di dinding sebuah gua.

Mungkin kita akan berfikir bahwa lukisan ini berasal dari sebuah negara besar yang banyak melahirkan lukisan-lukisan dari sang maestro yang memiliki tingkat seni yang cukup tinggi.

Namun kali ini lukisan yang berada di dinding sebuah gua ini ternyata berasal dari Sulawesi Selatan wilayah Indonesia bagian Timur.

Sebuah lukisan di dinding sebuah gua di Sulawesi Selatan diketahui berumur 44.000 tahun.

Dilansir dari laman BBC.com Lukisan itu tampak memperlihatkan seekor anoa sedang diburu sekelompok figur setengah manusia dan setengah hewan dengan tombak dan tali.

Beberapa peneliti memperkirakan lukisan purbakala ini adalah kisah terekam yang tertua di dunia.

Lukisan gua tersebut terletak di situs Leang Bulu’ Sipong 4 yang merupakan satu dari ratusan gua di daerah Karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan.

Temuan tersebut dimuat ke dalam jurnal Nature oleh tim peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia bersama tim peneliti dari Universitas Griffith, Australia.

Adam Brumm – arkeolog dari Universitas at Griffith – pertama kali melihat lukisan itu dua tahun lalu setelah seorang kolega dari Indonesia mencabut sebuah pohon untuk mencapai lorong masuk gua.

“Foto-foto tersebut muncul di iPhone saya. Sepertinya saya meneriakkan kata makian sangat kencang,” kata Brumm.

Lukisan di Sulawesi Selatan itu bukanlah yang tertua di dunia. Tahun lalu, sejumlah ilmuwan menyatakan telah menerima “lukisan paling tua buatan manusia” pada sebidang batu di Afrika Selatan yang berumur 73.000 tahun.

Apa yang ditampilkan lukisan itu?
Lukisan-lukisan itu terpampang dengan lebar hampir lima meter yang menampilkan anoa dan babi liar.

Tinggalkan Balasan