Beranda Internasional Kurangnya Perawatan Medis, Diduga Menjadi Penyebab Meninggalnya Mantan Presiden Mesir

Kurangnya Perawatan Medis, Diduga Menjadi Penyebab Meninggalnya Mantan Presiden Mesir

200
0
BERBAGI
Kurangnya Perawatan Medis, Diduga Menjadi Penyebab Meninggalnya Mantan Presiden Mesir
Kurangnya Perawatan Medis, Diduga Menjadi Penyebab Meninggalnya Mantan Presiden Mesir | Photo : Istimewa/Net

DETIKEPRI.COM, MESIR – Ada beberapa poin yang disampaikan oleh Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi yang meninggal sesat setelah menyelesaikan pidatonya, dia menyampaikan bahwa di dalam penjara dia tidak pernah menerima perawatan medis secara baik.

Bahkan dia disiksa tanpa ada pengobatan yang berarti, sehingga dia harus menahan rasa sakit dan akhirnya meninggal di pengadilan saat pidato terakhirnya.

Penyiksaan yang dialami presiden Morsi jelas tidak manusiawi, dan justru menjadi penyabab meninggalnya Mantan presiden yang digulingkan pada 3 Juni 2013 lalu.

Tahun lalu, sebuah laporan oleh tiga anggota parlemen Inggris, di bawah Panel Peninjauan Penahanan Independen, memperingatkan bahwa kurangnya perawatan medis dapat mengakibatkan “kematian dini” Morsi.

“Kesimpulan kami sangat jelas,” kata Crispin Blunt, ketua panel, saat itu. “Penolakan perawatan medis dasar yang menjadi haknya dapat menyebabkan kematian dini.”

Dia menambahkan: “Seluruh rantai komando yang mengawasi hingga presiden saat ini akan bertanggung jawab untuk ini.”

Anggota panel tidak diberi akses oleh otoritas Mesir untuk mengunjungi Morsi, dan mengandalkan kesaksian, pernyataan saksi, laporan LSM dan bukti yang diserahkan secara independen.

Mereka mengatakan bahwa Morsi ditahan di sel isolasi selama 23 jam sehari, yang di bawah pedoman PBB, akan diklasifikasikan sebagai penyiksaan.

“Pengadilan Morsi tidak disiarkan secara langsung di TV, ia ditempatkan di kandang kaca kedap suara,” kata Jamal Elshayyal dilansir dari Al Jazeera.

“Dia tidak diizinkan menemui pengacaranya satu-ke-satu dan dia tidak diizinkan mengunjungi keluarga; keluarganya berulang kali mengeluh bahwa selain dari sel isolasi dia juga tidak diberi perawatan medis yang seharusnya,” tambahnya. Elshayyal.

“Karena itu, ini adalah fakta yang kita ketahui. Apa pun yang diputuskan oleh negara untuk disampaikan kepada kita setelah itu harus diambil dalam konteksnya.”

Morsi menjadi presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis pada tahun 2012, satu tahun setelah pemberontakan Musim Semi Arab melihat berakhirnya 30 tahun pemerintahan Presiden Hosni Mubarak.

Dia kemudian digulingkan pada Juli 2013 menyusul protes massal dan kudeta militer yang dipimpin oleh Presiden Mesir saat ini Abdel Fattah el-Sisi, dan segera ditangkap.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here