Beranda Teknologi Hati-Hati Cara Hacker Bajak Foto Via Akun Whatsapp dan Telegram

Hati-Hati Cara Hacker Bajak Foto Via Akun Whatsapp dan Telegram

210
0
BERBAGI
Hati-Hati Cara Hacker Bajak Foto Via Akun Whatsapp dan Telegram | Photo : Ilustrasi/Net

DETIKEPRI.COM, TEKNOLOGI – Whatsapp merupakan salah satu jejaring sosial yang cukup diminati di seluruh dunia, kemudahan menggunakan chat ini mengakibatkan orang merasa nyaman berkomunikasi dan saling berbagi photo via Whatsapp.

Tidak sedikit orang yang terkena jeratan orang-orang tak bertanggung jawab dan bahkan akun whatsapp mereka di kuasai oleh orang yang tak dikenal.

Terbongkar, Begini cara Hacker bajak foto via whatsapp seperti yang disampaikan Peneliti keamanan Symantec mengungkapkan modus pencurian oleh hacker foto-foto di dalam ponsel melalui WhatsApp.

Walaupun WhatsApp menggunakan sistem enkripsi end-to-end yang membuat semua data terenkripsi ketika sedang dikirimkan, bukan berarti file media di dalam ponsel tak bisa dibobol.

BACA JUGA :  Hati-Hati Whatsapp Bisa Dihack dan Digunakan Untuk Menipu, Aldi Alfani Menjadi Korban Hacker

Di Android, foto dan audio yang dikirim lewat WhatsApp bisa disimpan di storage internal ataupun eksternal, namun secara default, WhatsApp akan menyimpan foto dan audio itu di storage eksternal. Begitu juga dengan Telegram, yang akan otomatis melakukan hal sama ketika opsi ‘Save to Gallery’ dinyalakan.

Dilansir detikInet yang mengutip The Verge, Senin (15/7/2019), menurut tim peneliti itu, saat foto disimpan di storage eksternal, data tersebut bisa diakses oleh malware yang dapat mengakses file media, bahkan sebelum pengguna melihat foto tersebut.

BACA JUGA :  WhatsApp di Susupi Iklan, Para Pendiri Hengkang Dari Facebook

Contohnya begini, seorang hacker bisa memanipulasi foto yang diterima lewat WhatsApp melalui malware yang sudah menginfeksi ponsel korban. Secara teoritis, dengan metode yang sama, hacker juga bisa memanipulasi pesan multimedia yang bakal dikirimkan oleh pengguna.

Teknik semacam ini disebut ‘Media File Jacking’, dan sebenarnya teknik ini sudah dikenal sebagai masalah yang lazim terjadi di Android, karena harus memilih antara privasi atau aksesibilitas aplikasi pengiriman pesan di platform robot hijau tersebut.

BACA JUGA :  Gara-Gara Isu Palsu Pesan Berantai di Whatsapp, 2 Pria Ini Dibakar Hidup-hidup

Dengan menggunakan pengaturan storage eksternal, yang lazim digunakan, aplikasi bakal lebih kompatibel dengan aplikasi lain. Contohnya pengguna bisa langsung mengolah foto yang diterima lewat WhatsApp menggunakan bermacam aplikasi pengolah yang ada.

Namun di sisi lain, hal ini juga berbahaya dari segi privasi, contohnya dengan teknik ‘Media File Jacking’ tersebut. Menurut WhatsApp, jika mereka mengubah sistem penyimpanan data ini, kemampuan WhatsApp untuk berbagi file media jadi terbatas, dan malah mungkin bisa membuat masalah privasi baru. Hati-hati ya!.(Ptr)

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here