Beranda Lifestyle Penderita Hipertensi baiknya menjaga pola makan, Berikut 7 cemilan sehatnya

Penderita Hipertensi baiknya menjaga pola makan, Berikut 7 cemilan sehatnya

274
0
BERBAGI
Penderita Hipertensi baiknya menjaga pola makan, Berikut 7 cemilan sehatnya | Photo : shutterstock_733072618

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Hipertensi biasa ditandai sakit kepala, mata berkunang, pusing dan sebagainya, hipertensi identik dengan kolesterol tinggi, oleh sebab itu baiknya harus menjaga pola makan dan juga makanan yang dikonsumsi.

Penderita hipertensi biasanya diminta untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Mereka harus melakukannya karena ada banyak sekali makanan yang tinggi kandungan lemak jahat atau garam yang bisa memperburuk kondisinya. Hanya saja, apakah hal ini berarti mereka tidak boleh ngemil?

Camilan sehat yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi
Ada banyak sekali camilan yang ternyata memiliki kandungan garam tinggi. Jika dikonsumsi oleh orang-orang dengan masalah hipertensi, dikhawatirkan akan membuat tekanan darah semakin meningkat. Karena alasan inilah mereka harus cermat dalam memilih camilan sehat.

BACA JUGA :  Agar Kulit Cantik dan Sehat, Gunakan 3 Produk ini, Hasilnya Menakjubkan

Berikut adalah camilan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Buah pisang

Buah-buahan sebenarnya sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat, lho. Alih-alih mengonsumsi camilan yang bisa menyebabkan dampak kurang baik bagi kesehatan, buah-buahan yang tinggi nutrisi tentu bisa dijadikan pilihan yang jauh lebih baik. Salah satu buah yang paling direkomendasikan bagi penderita hipertensi adalah pisang.

BACA JUGA :  Bagi Ibu Hamil, Perhatikan Posisi Tidur Yang Baik Dari Sejak Dini

Di dalam pisang terdapat kandungan potasium yang tinggi. Kandungan inilah yang berperan besar dalam mengendalikan tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, dihasilkan fakta bahwa potasium akan menurunkan dampak buruk dari sodium sehingga membuat tekanan pada pembuluh darah menurun.

Selain pisang, kita juga bisa mendapatkan potasium dari buah lainnya seperti melon atau alpukat.

Kacang

Kacang termasuk dalam camilan yang paling baik bagi kesehatan. Hanya saja, kita harus cermat dalam memilih kacang. Jika kacang yang dikonsumsi adalah kacang goreng, kacang asin, atau kacang yang diberi tambahan tepung, dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk bagi kondisi tekanan darah. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi kacang panggang yang lebih sehat.

BACA JUGA :  Ini 5 Alasan Kalsium Sangat Vital untuk Ibu Hamil, Jangan Dianggap Remeh

Jenis kacang lain yang juga aman untuk dikonsumsi adalah kacang walnut, kacang mede, dan kacang almond. Kita juga sebaiknya membatasi konsumsi kacang maksimal satu genggam atau sekitar 42 gram saja demi menjaga asupan kalori harian.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here