Beranda Internasional Ribuan Rumah Terbakar di Pemukiman Kumuh Dhaka di Bangladesh

Ribuan Rumah Terbakar di Pemukiman Kumuh Dhaka di Bangladesh

237
0
BERBAGI
Beberapa orang terluka tetapi tidak ada yang terbunuh dalam kebakaran itu, kata pihak berwenang [Mahmud Hossain Opu / Al Jazeera]

DETIKEPRI.COM, DHAKA – Kebakaran di daerah padat penduduk yang berada di Ibukota Bangladesh, perumahan kumuh Dhaka terbakar hingga ribuan rumah dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tepat tinggal menurut penjelasan pejabat setempat.

Pejabat Dinas Pemadam Kebakaran Ershad Hossain kepada kantor berita AFP bahwa Kebakaran yang terjadi pada Jum’at di lingkungan Mirpur Dhaka yang menghancurkar sekitar 2.000 rumah sederhana yang sebagian besar terbuat dari seng.

Akibat kebakaran ini beberapa orang terluka dan tidak ada korban jiwa, pihak berwenang juga memastikan banyak kepala keluarga yang harus kehilangan rumah dan tempat tinggal.

Sebagian besar rumah kosong karena ditinggal pergi untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga.

“Kebakaran ini bisa lebih besar jika tidak ditangani cepat, kerusakan lebih besar,” kata kepala polisi setempat Golam Rabbani dilansir dari laman berita Aljazeera

Petugas pemadam kebakaran butuh waktu berjam-jam untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan ribuan rumah dan mengakibatkan sekitar 10.000 orang terpaksa mencari perlindungan di tenda-tenda darurat di sekolah-sekolah terdekat.

“Kami memberikan bantuan makanan, air, toilet keliling, dan pasokan listrik, pihak berwenang juga berusaha mencari bantuan secara permanen untuk menampung ribuan kepala keluarga.” kata pejabat kota Shaiful Azam dilansir dari Aljazeera

“Sebagian besar orang-orang berusaha menyelamatkan barang apapun yang bisa diselamatkan.” kata pejabat setempat.

“Rata-rata masyarakat korban kebakaran telah tinggal selama 20 tahun bahkan lebih, sebagian besar bekerja di pabrik garmen, dan beberapa lainnya bekerja menarik becak, sementara yang lain buruh harian. Mereka tidak lagi memiliki harta apapu, telah terbakar di rumah mereka,”. Kata pejabat setempat.

Pihak berwajib melakukan investigasi penyebab kebakaran tersebut, tetapi menurut penjelasan media setempat kebarakaran itu di perparah dengan adanya saluran gas ilegal yang membentang sepanjang tempat tersebut.

Dari beberapa tahun terakhir bencana kebakaran kerap terjadi bahkan menewaskan ratusan orang yang terjadi di kota-kota besar Bangladesh.

Lembag-lembaga perduli lingkungan menyalahkan pemerintah sebab lemahnya penegegakan hukum akibat kebakaran ini. Setidaknya 100 orang telah terbunuh sepanjang tahun ini, Kebakaran ini sulit ditangani di kota metropolitan dengan jumlah penduduk yang padat.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here