Beranda Lifestyle Bangun Tidur Jantung Berdebar, Kenali Resiko dan Ini Penyebabnya

Bangun Tidur Jantung Berdebar, Kenali Resiko dan Ini Penyebabnya

101
Bangun Tidur Jantung Berdebar, Kenali Resiko dan Ini Penyebabnya | Photo : Dok.Istimewa

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Istirahat yang cukup adalah salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh secara baik, bahkan setiap orang membuat jadwal tidur yang sesuai dengan anjuran kesehatan yang baik. Lantas bagaiman jika bangun tidur Anda mengalami jantung yang berdebar-debar.

Kenali terlebih dahulu mengapa jantung berdebar saat bangun dari tidur, banyak orang akan mengatakan bahwa jantung berdebar saat bangun tidur disebabkan oleh mimpu buruk atau ketakutan yang tinggi.

Setiap orang berharap bangun tidur dalam kondisi yang baik-baik saja, lantas apa penyebab utama dari jantung berdebar saat bangun tidur.

Dalam Istilah kedokteran, jantung berdebar disebut dengan palpitasi. Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari psikis hingga gangguan yang mengancam nyawa.

Lantas, apa saja penyebab jantung berdebar saat bangun tidur? Berikut beberapa kondisi yang mempengaruhinya.

1. Stres Berat dan Gangguan Cemas

Peningkatan rasa cemas dan stres dapat memicu pelepasan hormon dalam darah yang meningkat denyut jantung seseorang.

Menurut American Family Physician, sebanyak 31 persen kasus jantung berdebar disebabkan oleh faktor mental seperti stres, kecemasan, atau konflik internal.

Penanganan stres atau cemas yang tepat akan memperbaiki gejala berdebar yang dialami.

2. Asupan Gula Sebelum Tidur

Mengkonsumsi banyak makanan masin sebelum tidur bisa bikin Anda bangun dengan jantung berdebar kencang.

kelebihan gula dalam darah memicu tubuh melepaskan hormon stres. Alhasil, timbul gejala yang mirip dengan stres dan bikin deg-degan saat bangun tidur.

Namun, tidak semua orang mengalami kondisi ini. Biasanya orang yang dengan gangguan metobolisme gula darah dan riwayat gula darah rendah lebih rentan dengan keluhan jantung berdebar terait pola makan.

3. Asupan Kafein Sebelum Tidur dan Dehidrasi.

Asupan kafein juga bisa jadi penyebab jantung berdebar saat bangun tidur pada beberapa orang.

Kafein bersifat diuretik (menarik cairan), sehingga bisa menyebabkan dehidrasi, yang dapat memicu detak jantung jadi tidak menentu.

Dehidrasi ringan memunculkan rasa haus, mulut kering, dan penurunan jumlah urine. Jika kondisi makin parah, jantung bisa berdetak cepat, pernapasan cepat, dan tekanan darah rendah.

Tinggalkan Balasan