Beranda Internasional Demokrat, Trump menawarkan duel argumen tentang pemakzulan

Demokrat, Trump menawarkan duel argumen tentang pemakzulan

224
0
Presiden AS Trump, bersama putra Barron, menuju resor Mar-a-Lago sebelum dimulainya persidangan impeachment pada hari Selasa [Kevin Lamarque / Reuters]

Legislatif Demokrat mengatakan Trump harus dicopot dari jabatannya, karena pembelaan mengklaim persidangan tidak konstitusional.

DETIKEPRI.COM, USA – Legislator Demokrat yang memimpin kasus impeachment terhadap Presiden Republik Donald Trump di Amerika Serikat mengatakan presiden harus dicopot dari jabatannya untuk melindungi keamanan nasional dan menjaga sistem pemerintahan negara itu.

Dalam sebuah laporan singkat sebelum tenggat waktu hari Sabtu, para anggota parlemen mengemukakan argumen mereka yang mendukung tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan halangan Kongres terhadap presiden.

“Senat harus menghukum dan mengeluarkan Presiden Trump untuk menghindari kerusakan serius dan jangka panjang pada nilai-nilai demokrasi kita dan keamanan negara,” kata para legislator, untuk pertama kalinya secara resmi menyerukan Senat untuk menghukum presiden dan mengeluarkannya dari jabatan.

BACA JUGA :  Gerindra - Demokrat Bakal Buka Peluang Koalisi

“Kasus terhadap presiden Amerika Serikat sederhana, faktanya tidak dapat disangkal, dan buktinya sangat banyak,” kata mereka.

Sementara itu, pengacara pembela Trump menolak pengadilan impeachment sebagai inkonstitusional dan menyebut dakwaan itu sebagai “serangan berbahaya terhadap hak rakyat Amerika untuk secara bebas memilih presiden mereka”.

“Ini adalah upaya yang berani dan melanggar hukum untuk membatalkan hasil pemilu 2016 dan mengganggu pemilu 2020,” tim tersebut, yang dipimpin oleh penasihat Gedung Putih Pat Cipollone, mengatakan dalam pernyataan enam halaman yang dirilis pada hari Sabtu.

BACA JUGA :  Demokrat Belum Tentukan Sikap di Pilpres 2019

Ini adalah pertama kalinya Trump secara resmi membahas manfaat dari dua pasal pemakzulan – penyalahgunaan kekuasaan dan penghalang Kongres – yang disetujui oleh Dewan yang dipimpin Demokrat akhir tahun lalu.

Sidang senat

Kedua artikel, yang bertujuan untuk menghapus Trump dari kantor, membentuk dasar dari persidangan yang akan dimulai pada hari Selasa di Senat yang dikendalikan oleh Partai Republik.

Trump dituduh menyalahgunakan kantornya untuk mencoba dan memaksa Ukraina untuk meluncurkan penyelidikan ke calon presiden Demokrat Joe Biden dengan menahan $ 400 juta dalam bantuan militer dan pertemuan Gedung Putih dengan timpalannya dari Ukraina Presiden Volodymyr Zelenskyy.

BACA JUGA :  Demokrat Belum Tentukan Sikap di Pilpres 2019

Dia juga dimakzulkan karena diduga menghalangi Kongres.

“Presiden Trump dengan tegas dan tegas menyangkal masing-masing dan setiap tuduhan dalam kedua pasal impeachment,” kata dokumen tim pertahanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here