Beranda Ekonomi & Bisnis Kaya akan Manfaat, Jambu Mente Bisa dibudidayakan Berikut Penjelasannya

Kaya akan Manfaat, Jambu Mente Bisa dibudidayakan Berikut Penjelasannya

266
0
Kaya akan Manfaat, Jambu Mente Bisa dibudidayakan Berikut Penjelasannya | Photo : Ist/net

DETIKEPRI.COM, EKONOMI & BISNISJambu Mente atau dengan nama lain Jambu Monyet benar kaya manfaat bagi kesehatan dan juga dapat dijadikan berbagai menu makanan.

Tanaman yang sering kita temukan di selah-sela tanaman lain yang terkesan tumbu dengan sendirinya, ternyata dapat dibudidayakan layakanya tanaman lain yang memiliki nilai komuditi tinggi.

Bahkan Jambu Mente juga bisa digolongkan sebagai tanaman yang memiliki komuditi tinggi dan nilai jual yang cukup baik, terlebih lagi buah dan bijinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis menu makanan.

Sebelum memulai budidaya jambu mete, sebaiknya kenali dulu tanamannya. Jambu mete merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Brasil Tenggara.

Tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India sekitar 400an tahun yang lalu kemudian disebar ke negara-negara yang beriklim tropis dan subtropis.

Jambu mete memiliki puluhan jenis varietas yang berbeda-beda, ada yang berkulit putih, merah, kuning, merah muda, hijau kekuningan dan juga hijau.

Budidaya jambu mete kini mulai banyak dilakukan, apalagi tanaman ini memiliki segudang manfaat mulai dari batangnya, daun, buah sampai akarnya. Selain itu, biji dari jambu mete ini bisa digoreng dan dimakan karena rasanya yang sangat enak sehingga harga di pasaran pun cukup mahal.

Tanaman jambu mete harus ditanam di daerah yang terkena banyak sinar matahari, karena jika tidak maka jambu mete bisa gagal tumbuh. Oleh karena itu, simak pedoman budidaya jambu mete berikut ini.

Panduan budidaya jambu mete

1. Proses pembibitan jambu mete

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam budidaya jambu mete adalah melakukan proses pembibitan yang dimulai dari biji jambu mete tersebut. Atau bisa juga dengan cara lainnya misalnya pencangkokan, okulasi atau penyambungan.

Biji yang akan ditanam ini harus berasal dari pohon indukan langsung. Cara menangani biji mete yang digunakan sebagai benih yaitu sebagai berikut :

  1. Buah mete yang dijadikan calon bibit sebaiknya ditanam pada pertengahan masa panen.
  2. Buah mete tersebut tidak boleh cacat dan harus dalam keadaan matang.
  3. Biji mete harus dikeluarkan dari dalam buah kemudian dicuci sampai bersih.
  4. Jemur biji mete tersebut menggunakan kadar air sekitar 8-10%.
  5. Bila biji jambu mete dikemas dalam plastik maka aliran udara di penyimpanannya harus lancar.
  6. Lama penyimpanan bibit jambu mete tersebut kurang lebih 6-8 bulan lamanya.
  7. Sebelum mulai ditanam, benih dari biji mete harus disemai terlebih dahulu.

2. Proses pengolahan media tanam Jambu Mete
a. Persiapan

Tinggalkan Balasan