Beranda Ekonomi & Bisnis Lagi-lagi Rupiah Melemah, Nilai Tukar Indonesia Terburuk Kedua di Asia

Lagi-lagi Rupiah Melemah, Nilai Tukar Indonesia Terburuk Kedua di Asia

210
0
Lagi-lagi Rupiah Melemah, Nilai Tukar Indonesia Terburuk Kedua di Asia | Photo : Ilustrasi/Net

DETIKEPRI.COM, EKONOMI & BISNIS – Seyogyanya nilai tukar harus mampu mendongkrak perekonomian Indonesia secara baik, dengan tingginya nilai tukar Rupiah akan meningkatkan nilai Export dan Import secara baik dan bisa bersaing secara global.

Namun hal ini berbeda dengan Rupiah saat ini, dinilai nilai tukar Indonesia terburuk ke dua di Asia, lemahnya Rupiah bakal berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Yang diharapkan bisa naik hingga 5%, pemerintah harus menekan laju perkembangan import dan harus meningkatkan nilai export.

Terlebih lagi dengan kondisi saat ini isu virus corona harus telah menjadi peningkatan ekonomi yang luar biasa bagi Indonesia.

Hal ini harus diambil secara tegas dengan meningkat barang produk dalam negeri dan meningkatkan produksi Usaha Kecil dan Micro.

Sehingga bisa meningkatkan nilai Expor yang bakal mendorong peningkatan dan penguatan rupiah untuk ekonomi yang baik dan berkesinambungan.

Isu corona harus cepat ditanggapi dan diambil sisi positifnya, dengan peningkatan produk-produk industri dalam negeri dan mengurangi nilai import barang.

Pemerintah harus bersikap tegas dan cepat untuk mengambil keputusan ini. Yang efeknya dapat dirasakan perkembangan ekonomi dalam negeri, dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri bakal dirasakan semua pihak.

Dilansir dari CnbcIndonesia.com Nilai tukar rupiah melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu (19/2/2020), melanjutkan pelemahan kemarin.

Rupiah langsung melemah 0,22% ke Rp 13.690/US$ begitu perdagangan hari ini dibuka. Depresiasi rupiah semakin besar hingga 0,4% ke Rp 13.715/US$.

Menjelang penutupan perdagangan dalam negeri, rupiah berhasil memangkas pelemahan dan mengakhiri perdagangan di level Rp 13.680/US$, melemah 0,15% di pasar spot melansir data Refinitiv.

Mata uang utama Asia bergerak bervariasi melawan dolar AS pada hari ini. Rupiah dengan pelemahan 0,15% menjadi yang terburuk kedua setelah yen Jepang. Hingga pukul 16:03 WIB, yen melemah 0,29%, tetapi posisi tersebut bisa berubah, mengingat perdagangan dolar vs yen masih berlangsung hingga dini hari nanti.

Won Korea Selatan menjadi mata uang terbaik dengan menguat 0,17%. Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Benua Kuning.

Tinggalkan Balasan