Beranda Lifestyle Empon-Empon yang diyakini bisa menangkal Virus Corona, Ini Manfaat dan Cara Buatnya

Empon-Empon yang diyakini bisa menangkal Virus Corona, Ini Manfaat dan Cara Buatnya

0
Empon-Empon yang diyakini bisa menangkal Virus Corona, Ini Manfaat dan Cara Buatnya | Photo : Ist/Net

KESEHATAN – Empon-empon adalah minuman tradisional yang dipercaya dapat menangkal berbagai virus termasuk pandemi yang saat ini sedang menyebar di seluruh dunia yaitu Virus Corona (Covid-19). Bahan-bahan yang alami dan mudah di dapat di wilayah Indonesia.

Minuman ini sangat baik bagi kesehatan tubuh dengan aturan dan cara pembuatan yang baik, serta minuman ini diyakini bisa membuat badan segar dan semangat dalam beraktivitas.

Indonesia kaya akan obat-obatan dan minuman serta makanan dari alam, terutama untuk obat-obatan herban, sayangnya tidak banyak yang memanfaatkannya secara baik.

Minuman herbal empon-empon menjadi terkenal belakangan ini karena dianggap dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus Corona, namun apa itu empon-empon? Ketahui jenis, manfaat, dan cara membuat empon-empon sendiri.

Apa Itu Empon-Empon?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), empon-empon adalah sekelompok tanaman rimpang (rizoma) seperti temulawak, temu hitam, temu giring, temu kunci, jahe, kencur, kunyit, dan sebagainya yang dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional.

Indonesia memiliki banyak sekali tanaman rempah dan herbal, yang termasuk tanaman temu-temuan dan empon-empon adalah tanaman dari famili Zingiberaceae. Terdapat sekitar 283 jenis tanaman obat herbal, namun yang paling dikenal dan paling sering dimanfaatkan sebagai obat herbal hanya 12 jenis, termasuk jahe, kunyit, lengkuas, adas, temulawak, bangle, lempuyang gajah, kedawung, cabe jawa, kencur, dan pulasari.

Tanaman yang termasuk dalam kelompok ini juga dimanfaatkan sebagai bumbu-bumbu, produk jamu, bahan kosmetika, bahan pewarna alami, produksi minyak atsiri, minuman kesehatan herbal, dan kebutuhan lainnya dalam industri lainnya.

Berbagai obat herbal ini dipercaya dapat mengatasi berbagai infeksi dan penyakit karena memiliki kandungan nutrisi dan vitamin alami. Salah satu manfaat tanaman herbal yang paling dicari saat ini adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah paparan virus Corona.

Jenis Empon-Empon dan Kandungan Nutrisinya
Mengutip dari guru besar Farmakologi Universitas Indonesia dalam buku Temu-Temuan dan Empon-Empon Budidaya dan Manfaatnya yang terbit pada tahun 1999, penelitian dan pengembangan obat herbal (fitofarmaka) dapat menjadi relevan untuk diaplikasikan untuk menggali warisan budaya sekaligus memanfaatkannya secara ilmiah untuk mewujudkan kesehatan nasional.

Tinggalkan Balasan