Beranda Lifestyle Ibu Hamil Jangan Malas Bergerak, Ini 9 Bahaya Yang Bisa Mengancam Ibu...

Ibu Hamil Jangan Malas Bergerak, Ini 9 Bahaya Yang Bisa Mengancam Ibu dan Bayi

217
0
BERBAGI
Ibu Hamil Jangan Malas Bergerak, Ini 9 Bahaya Yang Bisa Mengancam Ibu dan Bayi | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KEHAMILAN – Ibu hamil terkadang mengalami beberapa hal bahkan untuk melakukan sesuatu sepertinya tidak ada gairah, bahkan seorang ibu hamil lebih suka bermalas-malasan di sofa tau di kasur, banyak mengatakan hal ini biasa karena bawaan sang bayi.

Harus diketahui malas bergerak bisa mengakibat beberapa masalah yang dapat mengancam Ibu dan calon bayi, oleh sebab itu ketahui penyebab malas bergerak atau melakukan aktifitas.

Ibu hamil malas bergerak adalah sesuatu yang sangat wajar dikarenakan salah satu gejala umum selama kehamilan yaitu rasa lelah.

BACA JUGA :  Yang Hobby Ngopi, Berbagai Efek Samping Yang Ditimbulkan Patut Anda Ketahui

Beberapa wanita mungkin merasa lelah sepanjang kehamilan, meskipun pengalaman dengan kelelahan cenderung bervariasi.

Sebagian besar wanita akan merasa lebih lelah dari biasanya saat memasuki trimester pertama. Kondisi inilah yang sering kali membuat ibu hamil malas bergerak. Apakah hal ini membahayakan ibu dan janin?

Akibat dan Bahaya Ibu Hamil Malas Bergerak

Melansir dari laman doktersehat.com Sebelum menjelaskan mengenai bahaya ibu hamil malas bergerak, sebagian besar orang berpandangan bahwa ibu hamil tidak boleh banyak bergerak karena khawatir akan memberikan pengaruh buruk pada janin.

BACA JUGA :  Gigi Pria Ini Ditumbuhi Tunas Jambu Biji, Sebab Malas Menyikat Gigi

Kondisi inilah yang semakin meyakinkan ibu hamil untuk tidak banyak bergerak.

Berikut adalah beberapa bahaya ibu hamil malas bergerak, di antaranya:

1. Meningkatkan denyut jantung

Bahaya ibu hamil malas bergerak yang pertama adalah menimbulkan komplikasi seperti peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi kesehatan ibu tetapi juga kondisi janin.

2. Meningkatnya berat badan

Meningkatnya berat badan selama kehamilan adalah sesuatu yang normal, namun ibu hamil malas bergerak lebih mungkin akan mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan dan lebih sulit untuk kembali ke berat badan normal usai persalinan.

BACA JUGA :  Pernah Alami Sakit Perut Sebelah Kanan, Ini Gejala dan Penjelasannya

3. Masalah pencernaan

Gangguan kehamilan lainnya yang bisa dialami ibu hamil adalah munculnya masalah pencernaan. Dengan kondisi perut yang membesar dan meningkatnya berat badan, otomatis hal ini akan membuat ibu hamil malas bergerak. Kondisi ini berisiko meningkatkan ibu hamil susah buang air besar selama kehamilan.

Salah satu penyebab ibu hamil sulit buang air besar adalah meningkatnya hormon progesteron yang memengaruhi relaksasi otot, sehingga gerakan usus menjadi lambat.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here