Beranda Olah Raga Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4...

Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4 Engine, Yuk Kita Bongkar

738
Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline - 4 Engine, Yuk Kita Bongkar | Photo : PP/Net

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Dunia balap motogp tidak hanya ajang kehebatan para rider, melainkan adu kuat dan kecepatan mesin yang diciptakan, ada dua tipe mesin yaitu Inline 4 Engine dan V-4 Engine. Persaingan dua jenis mesin ini cukup tinggi.

Bahkan kecepatan masing-masing tipe mesin juga berbeda, terlebih lagi mesin V-4 Engine lebih kencang dibandingkan mesin Inline 4 Engine.

Di MotoGP data menunjukkan dominasi mesin V-4 (Honda, Ducati, KTM, Aprilia) atas Inline-4 ( Yamaha dan Suzuki). Faktanya dalam 50 balapan terakhir: Mesin V4 menang 44 kali dari 50 balapan atau tingkat kemenangannya 88 %. Mesin V4 catatkan top speed terbaik sebanyak 47 kali dari 50 balapan, tingkat keberhasilannya 94 %. Kenapa motor dengan mesin V-4 lebih cepat daripada Inline-4 di MotoGP?

BACA JUGA :  Lorenzo : Sampai Musim Kedua Saya Masih Belum Nyaman Dengan Ducati

Kenapa Motor dengan Mesin V-4 Lebih Cepat daripada Inline-4 di MotoGP?

– Mesin V4 Lebih Bertenaga
– Mesin V4 menghasilkan power yang lebih besar, hal ini bisa dijelaskan akibat desain poros engkol (Crankshaft), untuk V4 porosnya lebih pendek daripada Inline-4, jadi lebih kaku dan kuat. Selain beberapa keunggulan lainnya adalah:
– Model poros V4 menciptakan lebih sedikit gesekan karena bekerja pada tiga bantalan (bearing) utama. Sementara mesin inline-4 butuh setidaknya 5 bearing.

BACA JUGA :  Prediksi Valentino Rossi, Galang Hendra Bakal Kejutkan Eropa di WorldSuperSport

Dengan batang penghubung yang berdekatan membuat V4 lebih sedikit getaran. Apalagi dengan sudut 90 derajat memiliki keseimbangan yang sempurna.

Mesin V4 lebih sedikit kerugian daya saat memompa udara (elemen pembakaran selain api dan bahan bakar) dari intake ke knalpot..Artinya power yang terbuang lebih kecil.. Dimana lebih dari 300 liter udara per detik mengalir melalui mesin 1000cc pada putaran mesin 18.000 rpm.

BACA JUGA :  Optimalkan Penggunaan Ban Bagi Pembalap, Michelin Racik Ban Baru

Jadi kelebihan poros engkol V4 adalah: lebih kuat, minim getaran, keseimbangan yang lebih baik, minim gesekan, loss power minim saat proses pemompaan udara. Sehingga memungkinkan mesin lebih mampu berteriak lebih tinggi, lebih banyak power.. Tidak mustahil mesin ini dengan mudah menggapai kecepatan puncaknya ( top speed).

Kerugian Mesin Inline-4

Tinggalkan Balasan